oleh

DPRD Segera Bentuk Pansus dan Tatib, Agustus Pamekasan Punya Wabup

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) dan Tata Tertib (Tatib) pergantian Wakil Bupati (Wabup), H. Raja’e.

Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman mengungkapkan, proses pergantian Wakil Bupati menjadi kewenangan instansinya, tidak harus melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan instansi penyelenggara pemilu lainnya.

“Dalam minggu ini kita akan membentuk panitia dan tata tertib pencalonan sampai kepada pemilihan. Baru nanti sekitar bulan April kita akan bahas kembali,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Dikatakan Fathor, pelaksanaan rapat paripurna usulan pemberhentian Wakil Bupati masa jabatan 2018-2023 merupakan awal dari tahapan atau proses pergantian Wabup. Kemungkinan besar, pelaksanaan pemilihan Wabup akan dilakukan pada bulan Agustus 2021.

“Karena tahapannya sangat panjang soalnya, karena satu saja kita tidak memenuhi tahapan, kita yang fatal. Paling cepat, bulan Agustus kita akan punya Wabup,” tandasnya.

Pihaknya sebatas menunggu usulan dua nama calon kandidat Wabup sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 serta Tata Tertib DPRD Pamekasan Bomor 01 Tahun 2019.

“Prosesnya sama, kami disini hanya sebagai panitia menunggu dua nama itu. Kami bertindak sesuai dengan Undang-undang,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar