oleh

Dua Hari, BMKG Warning Gelombang Tinggi & Cuaca Buruk di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewarning terjadinya gelombang tinggi dan cuaca buruk di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Sumenep, Usman Kholid, Sabtu (22/8/2020)menjelaskan, hari ini dan besok Minggu (23/8) perlu mewaspadai cuaca buruk bagi pelayaran.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Seperti perairan kepulauan Sapudi dan Kangean. Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2,5 – 4 meter. Hal ini juga dapat terjadi di perairan utara Madura.

“Gelombang tinggi dan cuaca buruk itu dari pukul 07.00 WIB,” terangnya.

Untuk hari ini, kata dia, prediksi gelombang tinggi di perairan Sapudi pada kisaran 1,00 sampai 2,25 meter dan perairan kepulauan Kangean mencapai 1,25 sampai 3,00 meter.

Menurut dia, hal itu disebabkan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter sehingga berbahaya bagi perahu nelayan berukuran kecil.

Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter berbahaya bagi perahu tongkang.

Jika kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,0 meter berbahaya bagi kapal fiber, dan kecepatan angin lebih dari 2,0 knot serta tinggi gelombang di atas 2,5 meter berbahaya bagi kapal berukuran besar. Seperti kapal fery.

“Bagi masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, kami imbau untuk tetap waspada,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar