Dua Tahun Terakhir, KEI Konsentrasi Pada Pengadaan Tiang Listrik di Raas Daratan

Avatar of PortalMadura.com
Dua Tahun Terakhir, KEI Konsentrasi Pada Pengadaan Tiang Listrik di Raas Daratan
Petugas mengecek Dua Mesin Pembangkit Listrik di Kecamatan Raas (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Dua tahun terakhir ini, (KEI) konsentrasi pada pengadaan tiang jaringan listrik di tujuh desa di Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, wilayah daratan.

“Selama dua tahun terahir ini kami sengaja konsentrasi pengadaan untuk Raas daratan. Karena permintaan masyarakat di tujuh desa itu mesin nantinya harus tersentral di satu titik,” kata Senior Public and Government Affairs (PGA) PT Kangean Energy Indonesia (KEI), Kampoi Naibaho, Minggu (15/10/2017).

Menurutnya, sejak 2013 KEI telah memprogramkan pengadaan listrik, dimulai dari pulau-pulau kecil, seperti Goa-goa, Komerean, Kalosot, Talango Aeng, Talango Tengah dan Desa Tonduk.

“Pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di sejumlah pulau itu dilakukan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) setempat, sementara kami hanya memberikan mesin, tiang, jaringan dan pemasangannya,” ujarnya.

Ia menilai, masyarakat merasa senang dengan adanya PLTD di sejumlah pulau kecil tersebut. Sebab, sebelumnya kebutuhan listrik di daerah terpencil itu sangat kurang dan tidak memadai.

“Alhamdulillah mereka sangat senang dan banyak terima kasih karena selama ini listrik itu memang sangat dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

Kampoi memprediksi, untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Raas daratan diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp30-40 miliar dan jika hanya dilakukan oleh KEI, kebutuhan tersebut baru dapat dipenuhi selama 10 tahun.

“Untuk itu, kami berharap PLN bisa masuk ke Raas agar kebutuhan listrik warga itu bisa cepat terealisasi. Karena kalau hanya KEI yang melakukan, dipastikan warga Raas akan lebih lama lagi untuk bisa menikmati jaringan listrik,” tutupnya. (Arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.