Dukungan LindungiHutan untuk SDGs

Avatar of hartono
Dukungan LindungiHutan untuk SDGs
Penanaman magrove oleh seorang pria dan anak-anak (Sumber : LindungiHutan)

PortalMadura.Com – LindungiHutan aktif berkolaborasi untuk mendorong tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) melalui upaya konservasi.

LindungiHutan berkontribusi pada Tujuan Berkelanjutan PBB dengan mengutamakan pelestarian hutan, yang mendukung pencapaian berbagai target SDGs. Beberapa kontribusi utama meliputi:

SDGs 1: Kemiskinan

Menargetkan penghapusan kemiskinan ekstrem (penghasilan di bawah $1.25/hari) pada 2030, LindungiHutan bekerja sama dengan komunitas lokal, meningkatkan pendapatan 34 kelompok tani atau 746 dengan 23%, melalui kemitraan penyediaan bibit untuk reboisasi.

SDGs 4: Pendidikan Berkualitas

Setiap tahunnya, LindungiHutan membuka kesempatan magang yang dapat dilakukan secara online bagi seluruh pelajar/mahasiswa maupun fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja. Sepanjang 2023, sebanyak 72 orang mengikuti program Magang Alam.

Untuk membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan yang ramah, aman, efektif dan inklusif bagi setiap orang, LindungiHutan juga mengedukasi melalui berbagai platform digital seperti Instagram, Linkedin, Youtube, Tiktok, Blog, dan lainnya.

Selain itu, terdapat juga 2 forum diskusi pada webinar online “IMBANGI” dan live instagram dalam memperingati Hari Ozon Internasional pada 16 September. Webinar dilakukan untuk menambah informasi dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan serta mengurangi emisi karbon di sekitar kita.

SDGs 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Seperti pada poin SDGs 1, LindungiHutan bekerja sama dengan para petani lokal dan membantu dalam peningkatan perekonomian hingga 23% dengan menciptakan 507.984 jam kerja untuk mencapai tingkat produktivitas perekonomian yang lebih tinggi. Dalam menciptakan lapangan kerja yang kayak, LindungiHutan memiliki lebih dari 35 karyawan di dalamnya.

SDGs 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur

Untuk meningkatkan infrastruktur dan retrofit industri yang berkelanjutan, telah dilakukan 203 riset peta, pembuatan 6 database lokasi penanaman, 5 riset mengenai carbon offset, pembuatan 6 topik booklet karbon, dan 2 riset mengenai sertifikasi karbon.

Salah satu langkah untuk memperkuat riset ilmiah, tim LindungiHutan telah melakukan 49 publikasi di media sosial mengenai perkembangan lokasi penghijauan di LindungiHutan hingga informasi mengenai karbon secara global dan nasional.

Dukungan LindungiHutan untuk SDGs
Kegiatan penanaman mangrove di Tambakrejo, Kota Semarang (Sumber : LindungiHutan)

SDGs 13: Penanganan Perubahan Iklim

LindungiHutan berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim yang menjadi bagian dari kebijakan dan perencanaan nasional. Kontribusi yang telah diberikan adalah dengan menanam lebih dari 167.724 di 50 lokasi penghijauan dan telah menyerap emisi karbon sebesar 804 CO2eq. Terlebih aksi ini melibatkan 2.873 partisipan dalam kegiatan penanaman sepanjang tahun 2023.

SDGs 14: Ekosistem Laut

Mayoritas kegiatan penghijauan LindungiHutan berada di wilayah pesisir. Tercatat LindungiHutan telah menanam 161.697 mangrove berjenis Rhizophora sp., 69 bibit berjenis Avicennia, dan 1.363 bibit cemara laut. Penanaman tersebut dilakukan untuk melindungi ekosistem laut dan pesisir secara berkelanjutan untuk mengurangi dampak dari degradasi lahan akibat abrasi sekaligus memperkuat pertahanan di wilayah pesisir secara produktif.

SDGs 15: Ekosistem Darat

Selain wilayah pesisir, LindungiHutan juga menanam di wilayah pegunungan yang bertujuan untuk mengatasi lahan kritis dan memulihkan lahan dari kerusakan. Seperti Gunung Sawur (Lumajang), area perbukitan di Desa Koranji (Subang), dan lainnya. Seluas 954.840,87 m2 telah ditanami pohon salah satunya alpukat yang dapat memberikan dampak kepada lingkungan dan masyarakat. Hal tersebut juga menghasilkan 80% area pegunungan lokasi penghijauan LindungiHutan termasuk kedalam indeks sangat hijau.

SDGs 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan ini, diperlukan adanya kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Selama tahun 2023, LindungiHutan telah menjalin kerja sama dengan 15 lembaga pemerintah dan 62 perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. LindungiHutan bersinergi dengan DLH Cilacap dalam pemanfaatan karbon biru di Desa Ujungalang Kabupaten Cilacap. Kerja sama tersebut dimulai pada tahun 2022 hingga 30 tahun yang akan mendatang.

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 808 ribu pohon telah ditanam bersama 517 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.