DWP Sumenep Gelar Sosialisasi dan Lomba PHBS antar OPD

  • Bagikan
DWP Sumenep
Sosialisasi PHBS (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan sosialiasi prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan lomba kebersihan antar organisasi perangkat daerah (OPD) di penghujung tahun 2021.

Sosialisasi PHBS berlangsung di Sekretariat TP PKK Kabupaten Sumenep, Rabu (17/11/2021). Sedangkan lomba kebersihan antar OPD dijadwalkan tanggal 29 November – 3 Desember 2021.

Ketua DWP Kabupaten Sumenep, Khusnul Khotimah Rasiyadi menyampaikan, ide untuk melakukan sosialisasi dan lomba PHBS ini berawal dari kondisi kebersihan di masing-masing kantor OPD.

“DWP ini harus terlibat langsung dalam hal kebersihan kantor suaminya. Bapak-bapaknya kan sudah tidak mungkin memikirkan hal itu. Dan kebersihan itu tak cukup hanya diserahkan pada cleaning service,” katanya.

Menurutnya, kondisi kebersihan kantor itu perlu keterlibatan ibu-ibu DWP, misalnya bagaimana kebersihan kamar mandi dan puntung rokok. Lebih-lebih di ruangan ber-AC.

“Sehingga menimbulkan ide untuk melakukan sosialisasi dan tindaklanjutnya berupa lomba. Tujuan kami, agar kebersihan dan kesehatan itu menjadi perhatian bersama. Ini bukan hanya pada saat lomba,” ujarnya.

Kenapa fokus pada kaum perempuan? “Bapak-bapaknya sudah tidak mungkin memikirkan bersih-bersih kantornya. Jadi, kita harus membiasakan hidup bersih. Tugas Dharma Wanita ya itu, salah satunya,” terangnya.

Agar tercipta kebiasaan menjaga lingkungan bersih dan sehat, pihaknya juga menyarankan sering-sering melakukan bhakti sosial. “Melalui kerja bhakti, semisal dua bulan sekali, bikin asri dan bersih kantor suaminya,” ucapnya.

Pada tahun 2021, pihaknya masih fokus pada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, kedepan direncanakan bisa sampai ke tingkat kecamatan.

“Semoga tahun depan, kami mampu menyentuh hal yang sama ke tingkat kecamatan,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.