Eksplorasi Wisata Sampang Gemilang, Pemerintah Libatkan YouTuber Madura

  • Bagikan
fun trip sampang
Fam Trip

PortalMadura.Com, Sampang – Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan trobosan baru untuk mempromosikan destinasi pariwisata melalui platform media sosial.

Salah satunya, mengadakan kegiatan Fam Trip Vlogger dengan tema “Eksplorasi Wisata Sampang Gemilang” dengan melibatkan sejumlah YouTuber Madura dan Asosiasi Pariwisata Madura (Asprim).

Kegiatan Fam Trip Vlogger, mempromosikan beberapa destinasi wisata dan desa wisata adat di Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, rumah produksi sepatu unggulan asli Sampang, wisata kuliner bebek songkem, wisata kampung Belanda Desa Krampon.

Selain itu, wisata kampung panjelin, agrowisata ngapote, pantai Lon Malang, air terjun Toroan, Kecamatan Ketapang, Sampang.

Fam Trip Vlogger merupakan salah satu kegiatan sebagai upaya memaksimalkan strategi promosi seluruh potensi wisata yang ada di wilayah Sampang melalui media sosial YouTube.

Hal tersebut guna menjangkau sebaran informasi lebih luas terhadap masyarakat sampai wisatawan luar daerah Madura.

“Kami sengaja mengajak dan melibatkan sejumlah YouTuber Madura dan Asprim untuk mengeksplor seluruh keindahan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sampang,” kata Kepala Disporabudpar Sampang, Marnilem melalui Kasi Pemasaran dan Informasi Wisata, Moh. Syahroni, Senin (6/12/2021).

Promosi destinasi wisata Sampang dengan melakukan kolaborasi bersama YouTuber Madura dan Asprim, sebagai kunci penting pada keberhasilan serta upaya meningkatkan jumlah wisatawan dalam negeri maupun manca negara.

Pihaknya menyampaikan, promosi wisata melalui kegiatan Fam Trip Vlogger dapat memberikan informasi terhadap publik dan netizen atau pengguna media sosial, bahwa ada pemandangan alam cukup indah, keunikan budaya lokal, dan kuliner-kuliner lezat siap memanjakan lidah para wisatawan di Sampang.

“Melalui promosi yang dilakukan teman-teman YouTuber Madura dan Asprim, tentu wisatawan akan mengetahui jika Sampang memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi,” jelasnya.

Cara promosi pariwisata dengan kegiatan Fam Trip Vlogger diakui sangat berdampak optimal untuk menyebar lebih luas. Seluruh potensi wisata dapat diketahui masyarakat luas dan dapat meningkatkan pembangunan dari sektor pariwisata di daerah Sampang.

Menurut Syahroni, banyak wisatawan yang mencari referensi destinasi wisata melalui media sosial (Medsos). Misal, facebook, twitter, Instagram (IG), TikTok, dan jenis media jejaring sosial lainnya.

Ia juga menyebutkan, wisatawan mencari ide destinasi wisata melalui pencarian di medsos mencapai 65 persen. “52 persen pengguna medsos sangat dipengaruhi oleh foto teman-teman yang beredar melalui medsos untuk menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi, dan 33 persen wisatawan mengubah rencana awal setelah melihat foto-foto di medsos,” imbuhnya.

Sebagai terobosan baru, Fam Trip Vlogger dengan melibatkan YouTuber Madura dan Asprim, tentu akan terus berlangsung untuk aktif mengeksplorasi dan memperkenalkan potensi wisata daerah Sampang melalui media jejaring sosial terhadap wisatawan.

“Cara promosi bersama teman-teman YouTuber Madura akan terus dilakukan sehingga potensi wisata Sampang dapat dilihat khalayak umum demi tujuan mendongkrak jumlah pengunjung,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.