Enak dan Lezat, Begini Cara Bikin Kerang Dara Asam Manis

Avatar of PortalMadura.com
Enak dan Lezat, Begini Cara Bikin Kerang Dara Asam Manis
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada banyak macam makanan laut, mulai dari ikan, cumi-cumi, gurita, sotong, lobster sampai dengan kerang. Tahukah Anda bahwa diantara beberapa seafood itu, kerang merupakan makanan laut yang unik?. Bukan hanya karena memilki cangkang sebagai rumahnya, tapi tekstur kerang sendiri yang sangat lezat dan kenyal.

Kerang yang biasanya banyak ditemui yaitu kerang dara. Bagi Anda yang suka kerang ini, ada resep spesial yang bisa Anda coba. Hanya dengan bumbu asam manis, akan membuat cita rasa kerang menjadi lebih istimewa.

Nah, tertarik untuk membuatnya?. Yuk simak resepnya di bawah ini:

Bahan yang Dibutuhkan:

Kerang dara sebanyak 500 gram
Bawang Bombay sebanyak ½ buah, iris halus
Bawang putih sebanyak 2 siung, cincang halus
Bawang merah sebanyak 4 butir, cincang halus
Daun salam sebanyak 2 lembar
Jahe sebanyak ½ ruas, memarkan
Lengkuas sebanyak 1 ruas, memarkan
Serai sebanyak 1 batang, memarkan
Merica bubuk sebanyak ½ sdt
Saus cabe sebanyak 3 sdm
Gula merah sebanyak 50 gram, sisir halus
Air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdm
Tepung maizena sebanyak 1 sdt, larutkan dengan 1 sdm air matang
Garam halus secukupnya
Air bersih sebanyak 200 ml

Cara Membuat Kerang Dara Asam Manis:

Pertama, ambil kerang dara yang akan Anda olah tadi. Pastikan bahwa kerang yang akan anda gunakan adalah kerang dara dengan kualitas baik. Caranya, pilih kerang yang masih segar dan cangkangnya belum terbuka ya.

Berhubung kerang juga akan Anda masak dengan cangkangnya maka cangkang kerang perlu untuk digosok atau disikat. Hal ini untuk membersihkan lumpur atau kotoran yang menempel, jika sudah dibilas, sisihkan sejenak dalam wadah.

Lalu, ambil panci dan masukan kerang tadi ke dalamnya, tuangkan air secukupnya sampai kerang terendam. Panaskan kompor lalu rebus kerang hingga cangkangnya terbuka, waktu yang dibutuhkan sekitar 10-15 menit. Jika sudah, tiriskan atau pisahkan kerang dari air rebusan.

Setelah itu, siapkan wajan dan masukan 3-4 sdm minyak goreng ke dalamnya, panaskan di atas kompor hingga minyak cukup panas. Tambahkan bumbu yang sudah kita cincang yaitu bawang bombay, bawang putih serta bawang merah ke dalamnya. Aduk-aduk sampai bahan-bahan layu dan matang.

Kemudian, masukan juga bahan lain yaitu lengkuas, jahe serta batang serai ke dalamnya. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan matang.

Masukan kerang yang sudah Anda rebus tadi kemudian tambahkan air ke dalamnya. Gunakan api besar agar panas lebih maksimal, jangan lupa tambahkan bahan perasa yaitu, gula, garam serta merica bubuk. Aduk-aduk dan cicipi rasanya agar sesuai dengan selera.

Terakhir, tuangkan larutan maizena ke dalam masakan kerang tadi lalu aduk cepat agar semua bahan menyatu sempurna. Masak sampai kuah mengental dan mendidih. Matikan api dan kerang asam manis siap untuk Anda nikmati. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.