Enam Desa di Manding Nyatakan Siap Tebus Rastra

Avatar of PortalMadura.com
Enam Desa di Manding Nyatakan Siap Tebus Rastra
dok. Kabag Perekonomian, Pemkab Sumenep, Mustangin (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Sedikitnya enam dari 11 desa di Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah menyatakan siap melakukan penebusan setelah sebelumnya sama sekali tidak menebus sejak awal 2017 ini.

“Hasil koordinasi kami dengan 11 kepala desa di Manding, enam desa di antaranya sudah siap menebus. Bahkan dua desa telah menebusnya,” kata Kabag Perekonomian, , Mustangin, Jumat (3/11/2017).

Enam desa yang telah siap menebus rastra itu di antaranya Desa Kasengan, Lalangon, Manding Laok, Manding Daya dan Lanjuk. Sedangkan dua desa yang telah menebusnya yakni Lalangon dan Kasengan.

“Dua desa yang telah menebus rastra itu untuk jatah pada bulan Januari dan Februari. Untuk desa lain mungkin menyusulnya,” ucapnya.

Sedangkan lima desa lainnya masih dalam tahap Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka pembenahan Daftar Penerima Manfaat (DPM) tersebut. Karena, DPM yang ada dinilai kurang tepat sasaran. “Kemungkinan lima desa lainnya akan menyusul. Saat ini masih perbaikan DPM,” ujarnya.

Ia memastikan, kalau sampai tanggal 6 November 2017 ini belum ada penebusan, tim rastra kecamatan akan mengambil alih penebusan rastra tersebut. Sebab, program rastra itu diperuntukkan mengurangi beban masyarakat kurang mampu secara ekonomi.

“Kalau sampai tanggal 6 November ini tim rastra desa belum menebus, tim rastra kecamatan akan mengambil alih,” tukasnya.

Total jatah rastra untuk Kabupaten Sumenep sebesar 23 juta 42 ribu ton dengan jumlah 128 ribu 16 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.