Eratani dan Bank BJB Kerja Sama Fasilitasi Kredit untuk Petani

Avatar of hartono
Eratani dan Bank BJB Kerja Sama Fasilitasi Kredit untuk Petani
Siaran Pers Eratani - Eratani Jalin Kemitraan dengan Bank BJB untuk Pembiayaan Petani, Berikan Fasilitas Kredit Hingga Rp100 Juta (Sumber : PT Eratani Teknologi Nusantara)

.Com – PT Eratani Teknologi Nusantara, perusahaan yang berfokus pada teknologi pertanian dari hulu ke hilir, telah mengumumkan kemitraan resmi dengan Bank BJB. Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan akses pembiayaan melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan Super Mikro kepada yang berada dalam ekosistem Eratani. Penandatanganan MoU antara CEO Eratani dan Pemimpin Bank BJB Kantor Cabang Daan Mogot menandai dimulainya kerja sama ini, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani secara berkelanjutan (Jakarta, 24 April 2024).

Meskipun penting, sektor pertanian masih menghadapi berbagai tantangan seperti terbatasnya akses ke modal. Menurut laporan Otoritas Jasa (OJK) Triwulan III tahun 2023, hanya 7,03% dari total kredit perbankan yang dialokasikan untuk sektor pertanian. Beberapa hambatan, seperti proses administrasi yang kompleks, kurangnya aset agunan, dan pendapatan yang tidak stabil, masih menjadi penghalang bagi petani.

Andrew Soeherman, CEO Eratani, menyatakan antusiasmenya tentang kemitraan ini. “Dengan Bank BJB, kami bisa memastikan dukungan finansial yang dibutuhkan petani untuk tidak hanya bertahan, tapi juga meningkatkan praktik pertanian mereka,” ujar Andrew. Billy Rahadian, Pemimpin Bank BJB Kantor Cabang Daan Mogot, menambahkan, “Kami berkomitmen mendukung sektor pertanian, dan kami berharap kerja sama ini dapat membantu petani Eratani mengembangkan usahanya dan meningkatkan kesejahteraannya.”

Petani Binaan Eratani kini bisa mendapatkan pembiayaan dengan syarat lebih mudah dan proses cepat melalui KUR Mikro dengan plafon kredit hingga Rp100.000.000 atau KUR Super Mikro dengan maksimum Rp10.000.000, tergantung kebutuhan dan luas lahan yang dikelola. Saat ini, kebutuhan modal untuk budidaya padi oleh Petani Binaan Eratani berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp12.000.000 per hektar. Kemitraan ini diharapkan akan memajukan ekonomi pertanian, memperkuat ketahanan pangan , dan meningkatkan hidup petani.

About PT Eratani Teknologi Nusantara
Berdiri sejak tahun 2021, Eratani merupakan perusahaan teknologi pertanian yang menyediakan akses pendanaan, pendampingan, serta akses pasar dengan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Melalui penyediaan ekosistem yang komprehensif dan terintegrasi dari hulu hingga hilir, Eratani saat ini telah menggandeng lebih dari 22.000 petani yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Dengan pendampingan penuh, saat ini Eratani telah membantu petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian sebesar 29%. Sebagai ecosystem builder, Eratani juga telah menjalin kerja sama dengan 500 kios pertanian dan 70 penggilingan padi (Rice Milling Units). Di tahun 2023, Eratani telah memperoleh penghargaan sebagai Top 3 Best Agritech in the World dari G20 Digital Innovation Alliance.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.