Erdogan: Reformasi PBB diperlukan Sesegera Mungkin

Avatar of PortalMadura.Com
Erdogan Reformasi PBB diperlukan sesegera mungkin
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa reformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diperlukan sesegera mungkin.

“Kebutuhan untuk reformasi di PBB yang didirikan 73 tahun lalu, terutama Dewan Keamanan yang bertanggung jawab untuk menjamin perdamaian dan keamanan global tidak dapat ditunda atau diabaikan,” kata Erdogan lewat sebuah pernyataan dalam rangka peringatan hari berdirinya PBB. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (25/10/2018).

Piagam PBB mulai berlaku pada 24 Oktober 1945. Pada 1971, Majelis Umum PBB merekomendasikan agar hari itu menjadi hari libur bagi Negara-negara anggota.

“Saat ini, umat manusia dihadapkan pada berbagai ancaman serius, mulai dari perubahan iklim hingga pembersihan etnis, dari kelaparan hingga xenofobia, dari epidemi hingga terorisme. Negara manapun tidak mungkin melawan masalah-masalah ini sendirian yang mengancam masa depan umat manusia dan keadilan global,” tambah presiden Turki.

“Oleh karena itu, PBB menjadi platform paling penting yang dapat menghasilkan solusi berkelanjutan untuk masalah-masalah umum kemanusiaan. Pembantaian di Rwanda, Bosnia dan Herzegovina, Kosovo, dan perang saudara di Suriah selama delapan tahun terakhir adalah indikasi paling konkret bahwa Dewan Keamanan telah gagal memenuhi tanggung jawabnya. Itulah mengapa kami menyerukan reformasi,” tegas Erdogan.

“Selama ketidakadilan tidak diperbaiki, apakah mungkin perdamaian dunia dan dapat dicapai?” tandas dia.

Erdogan mengatakan Turki akan terus mendukung reformasi agar struktur PBB menjadi lebih “adil, demokratis, transparan, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan”.

Turki, di bawah mediasi PBB, mengambil peran utama dalam banyak kegiatan seperti operasi perdamaian, kontraterorisme, bantuan kemanusiaan, pembangunan, migrasi, dan pengungsi.

“Negara kami juga mengambil langkah-langkah untuk menjadikan Istanbul sebagai pusat PBB dan terus bekerja untuk memindahkan sejumlah kantor regional dari beberapa badan PBB ke Istanbul. Saya berharap PBB mampu membawa perdamaian dan kemakmuran ke dunia, dan saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk PBB,” ujar Erdogan. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.