Etnik Rohingya ‘Dibersihkan’ oleh Myanmar?

Avatar of PortalMadura.Com
Etnik Rohingya 'Dibersihkan' oleh Myanmar?
Para pengungsi Rohingya (BBC)

PortalMadura.Com – Kepala Pusat Pengungsi PBB di Bangladesh tenggara, John McKissick, mengatakan berusaha mengenyahkan kelompok minoritas Muslim Rohingya melalui pembersihan etnik.

BBC Indonesia melaporkan, ribuan orang Rohingya yang beragama Islam melarikan diri dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh pasca kerusuhan antara pasukan keamanan dan kelompok militan.

“Setelah pembunuhan sembilan penjaga perbatasan pada tanggal 9 Oktober 2016, militer dan polisi penjaga perbatasan terlibat dalam penghukuman kolektif terhadap minoritas Rohingya.

“Membunuh laki-laki, menembak mereka, membunuh anak-anak, memerkosa perempuan, membakar dan menjarah rumah mereka, memaksa orang-orang tersebut untuk menyeberang sungai,” kata McKissick yang bertugas di kota perbatasan Bangladesh, Cox's Bazar.

Pemerintah Myanmar menepis tudingan itu.

“Ia seharusnya berbicara atas dasar fakta nyata dan kuat di lapangan,” kata juru bicara presiden Zaw Htay.

Ditambahkannya McKissick seharusnya menjaga profesionalismenya dan etika sebagai pejabat PBB karena “pernyataan-pernyataannya hanyalah tuduhan”.

Pada Rabu (23/11) Kementerian Luar Negeri Bangladesh memanggil duta besar Myanmar untuk menyampaikan kekhawatiran pemerintah terhadap operasi militer Myanmar belakangan ini.

Bangladesh juga meminta Myanmar mengizinkan mereka pulang tanpa rasa takut dan menjamin keselamatan mereka.

Rohingya merupakan etnik minoritas yang tidak diterima sebagai warga negara oleh Myanmar.

Mereka dianggap sebagai pendatang gelap dari Bangladesh walaupun sudah hidup di Myanmar selama berabad-abad.(bbcindonesia.com/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.