Festival Pesisir Kangean di Wisata Teluk Sapoong, Terbuka Untuk Warga Indonesia

Avatar of PortalMadura.Com
Festival Pesisir Kangean di Wisata Teluk Sapoong, Terbuka Untuk Warga Indonesia
Festival Pesisir Kangean

PortalMadura.Com, , Kecamatan Arjasa, kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar yang bertempat di wisata Pantai Teluk Sapoong (Sapo'ong).

Pada even itu, sedikitnya ada 9 jenis lomba yang dapat diikuti oleh umum dan terbuka untuk masyarakat Indonesia dari semua kalangan. Jenis lombanya, berupa antara lain, Gapel, Sampan Jopang, Dayung, Memancing, Jaring, Renang, Melukis, Mewarnai dan lomba Foto.

Even yang bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Pajanangger serta didukung oleh Disparbudpora Sumenep itu akan berlangsung sejak tanggal 22 – 30 Juli 2018.

“Ini salah satu konsep kami dalam usaha mengenalkan potensi wisata yang ada. Saat ini, baru Teluk Sapo'ong. Jangka panjangnya, kami ingin ada Desa Pariwisata unggulan di Kangean,” kata Kepala Desa (Kades) Pajanangger, Arjasa, Sumenep, Suhrawi, Selasa (24/7/2018).

Pihaknya juga bertekad akan menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata (sustaniable tourism development).

“Jadi, kita memang dituntut untuk membangun pariwisata yang tanggap terhadap minat wisatawan dan keterlibatan masyarakat sekitar dengan tetap menekankan upaya perlindungan dan pengelolaannya yang berorientasi jangka panjang,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menjadi pusat pariwisata di kepulauan Kangean, maka ke depan pihaknya merasa tertantang untuk pengembangannya.

“Di sini program pembangunan pariwisata berkelanjutan dapat diterapkan agar menjadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara,” tandasnya.

Pelepasan Burung dan Penyu

Pada even Festival Pesisir Kangean, Sumenep, panitia juga menjadwalkan ada pelepasan berbagai jenis burung dan penyu di Wisata .

“Tujuannya, selain untuk mensiarkan tentang keamanan ekosistem laut, juga upaya penyelamatan terhadap kekayaan flora dan fauna yang ada di wilayah Kangean,” imbuh Humas Panitia Festival Pesisir Kangean, Sumenep, Samsuri.

Wisata Teluk Sapoong (Sapo'ong)

Pajanangger adalah sebuah desa yang terletak dibagian selatan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Desa ini terletak paling ujung dan saat ini mulai ramai dikunjungi masyarakat Kangean dan umumnya warga Jawa Timur.

Baca : Ini Keindahan Wisata Pantai Teluk Sapoong Sumenep

Keindahan alam yang alami yang tersaji di Teluk Sapoong (Sapo'ong) mulai dilirik wisatawan. Dengan sajian pantai mempesona, pasirnya yang unik, ditambah oleh keindahan pohon cemara yang rindang serta rumput di sepanjang pantainya bak rumput buatan (sintetis) berkualitas tinggi.

Tak kalah menariknya, pantai ini ditumbuhi kayu stigi atau nama lain mantigi yang biasanya dipergunakan untuk kesehatan tubuh manusia dan untuk azimat nenek moyang dari serangan makhluk halus atau Jin, serta keunikan batu karang dan berbagai jenis ikan di laut terkesan tak ada duanya di dunia.

Dengan menu wisata alam yang perawan itulah, pengunjung membludak, bahkan tidak kurang dari 15 ribu pengunjung setiap pekannya berkat kerjasama baik antara pemerintahan desa sebagai pengelola dengan masyarakat sekitar yang santun dan ramah.(Hartono)

Informasi lomba : Pipit 0853 30287713, Sanawi 0853 3629 9693 Lutfi 0812 2770 9007

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.