oleh

Ramai Pengunjung, Ini Keindahan Wisata Pantai Teluk Sapoong Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mempunyai banyak pilihan untuk mengunjungi destinasi wisata pada libur lebaran Idul Fitri 1439 H.

Salah satunya, wisata Pantai Teluk Sapo’ong, Desa Pajanangger, Kecamatan Arjasa kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep.

Wisata baru ini, menyajikan hamparan pasir putih, pantainya bersih dan indah serta masih alami. Tumbuhan ‘Angur Laut’ yang tergolong langka ada di tempat ini.

Pihak pengelola juga melengkapi dengan rumah pohon, perahu kecil unik serta tangga yang menjulur ke laut untuk berswafoto.

Kepala Desa Pajenangger, Kecamatan Arjasa, Sumenep, Suhra Rawi menjelaskan, secara bertahap keberadaan destinasi wisata yang dikelola desa akan dibenahi guna memikat daya tarik para pengunjung.

“Saat ini, pengunjung yang membawa anak kecil dapat menikmati rumah pohon, perahu kecil unik untuk mengelingi pantai. Semuanya dirancang untuk kenyamanan pengunjung serta memenuhi standart keamanan,” katanya, Minggu (17/6/2018).

Dikatakan, keberadaan wisata Pantai Teluk Sapo’ong juga melibatkan warga sekitar guna membuka lapangan kerja, sehingga ada dampak positif pada meningkatan perekonomian masyarakat.

Pihaknya berharap, ada pembinaan dan dukungan dari pemerintah daerah agar terus berkembang dan dikenal tidak hanya ditingkat lokal.

“Dengan dukungan pemerintah daerah semoga dapat dijadikan obyek wisata yang dikenal hingga ke mancanegara,” tegasnya.

Pantauan PortalMadura.Com, pada H+2 lebaran Idul Fitri 1439 H, Minggu (17/6/2018), pengunjung mulai memadati Pantai Teluk Sapo’ong sejak pukul 08.00 WIB. Semakin siang, pengunjung terus membludak.

Salah seorang pengunjung, Hairul Alim (44) dari Pulau Sadulang Kecil, Kecamatan Sapeken, Sumenep mengaku sengaja berkunjung ke wisata baru tersebut setelah melakukan silaturrahmi pada keluarga besarnya.

“Sehabis silaturahmi kita sengaja menyempatkan datang ke Kangean, kebetulan di Kangean ada sanak saudara. Jadi, sekalian berkunjung ke beberapa obyek wisata di Kangean termasuk Pantai Teluk Sapo’ong ini. Suasananya sejuk dan nyaman untuk bersantai,” katanya.

Pemkab Siap Membina

Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto mengapresiasi semangat pemerintahan desa untuk mengelola potensi wisata.

“Sejak awal, pemerintah daerah memang menyarankan agar desa yang mengelola potensi desa, seperti wisata. Termasuk Pantai Teluk Sapoong, saya sudah sampai di sana,” katanya pada Portalmadura.Com.

Melibatkan warga setempat dalam pengelolaan wisata akan berdampak positif pada perekonomian warga.

“Dan kami selalu siap akan melakukan pembinaan. Sejumlah desa sudah kami bina termasuk potensi wisata di kepulauan,” tandasnya.

Pada program tahun kunjungan wisata Sumenep atau Visit Sumenep 2018, sedikitnya ada 42 even yang digelar sepanjang tahun 2018.

“Kedepan, terus kita akan dorong dan megembangkan even-even itu ke kepulauan. Sekarang ini, kita bergerak untuk melakukan pembinaan agar potensi wisata Sumenep terarah,” pungkasnya.(Hariyanto/Nanik)