Fitnah Marak di Medsos, Mabes Polri Ajak Emak-Emak Sampang Belajar “Cek and Ricek”

Kombes Pol Solehan
Kombes Pol. Solehan, SIK
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sampang – Kombes Pol. Solehan mengajak emak-emak Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur lebih dewasa mengawasi prilaku anak yang saat ini sedang dimabuk gadget.

“Ibu yang tahu perilaku anak dan harus bisa mengontrol lewat gadget yang terlanjur menjadi pegangan setiap saat,” katanya di Sampang, Sabtu (15/12/2018).

Hal itu disampaikan seiring maraknya berita hoaks di berbagai media sosial (medso). Pihaknya menyebutkan jika hoaks adalah berita yang penuh kebohongan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan keakuratan kontennya.

Saat masyarakat khususnya ibu-ibu atau emak-emak membaca informasi melalui media sosoal harus lebih banyak bertabayun.

Cek and ricek, jangan sampai ternodai sebaran hoaks dan fitnah yang sangat merugikan diri kita maupun bagi orang lain,” tandasnya.

Baca Juga:  Seni Kriya Sebagai Unggulan, Sumenep Resmi Masuk Ekosistem Kabupaten Kreatif Indonesia

Ia yang ditugasi Mabes Polri dan datang ke wilayah hukum Sampang, sengaja memberikan penjelasan dan pencerahan kepada masyarakat supaya dapat melihat sendiri bagaimana informasi yang viral menyebar di media sosial perlu dicek benar atau tidak.

“Masyarakat harus hati-hati dan hindari menggunakan atau dimanfaatkan hoaks, karena undang-undang dan ajaran agama sudah jelas melarang,” katanya.

Sebagai tugas aparat, Solehan mengaku telah melakukan sosialisasi dan mengadakan diskusi tentang cara menggunakan media sosial positif bersama tokoh ulama dan masayarakat.

“Intinya untuk mengantisipasi agar publik bisa menangkal, tidak ikut serta menyebarkan berita bohong dan fitnah,” tandasnya.(Rafi/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.