Meski Menjijikan, Ini 5 Khasiat Kecoa bagi Kesehatan

Meski Menjijikan, Ini 5 Khasiat Kecoa bagi Kesehatan
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kecoa merupakan salah satu hewan jenis serangga yang tidak disukai banyak orang karena menjijikan. Selain itu, binatang ini sering dikait-kaitkan dengan kotor, bakteri dan kuman. Sehingga kerap diberantas dengan menggunakan insektisida.

Namun ternyata, ada beberapa negara yang menggunakan kecoa sebagai bahan makanan yang enak. Karena disana serangga ini dipercaya memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat kecoa bagi kesehatan?

Berikut penjelasannya:

Membunuh Bakteri
Kecoa memiliki senyawa kimia tertentu untuk membunuh bakteri. Mereka dapat membunuh bakteri karena senyawa kimia beracun yang dimilikinya. Beberapa apotik menggunakan kecoa sebagai antibiotik untuk membunuh bakteri.

Namun, hal yang harus Anda perhatikan yaitu kecoa wajib diproses sejak mentah di tangan para profesional dan tidak dimakan secara langsung. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami.

Meredakan Gejala Flu Perut
Flu perut tidak ada hubungannya dengan influenza, meski namanya mirip. Flu perut yaitu infeksi peradangan yang terjadi di perut dan usus. Kecoa yang diolah menjadi sirup dapat meredakan gejala flu perut. Gejala-gejalanya yitu kram di sekitar perut, diare, nyeri dan demam ringan.

Mengobati Luka Bakar
Manfaat Kesehatan dari Kecoa salah satunya yaitu mengobati luka bakar. Beberapa rumah sakit di China menggunakan krim dari bubuk kecoa untuk mengobati luka bakar.

Mencegah Diare
Diare yaitu penyakit yang menyangkut saluran pencernaan yang sangat umum. Penyakit ini bisa menyerang setiap orang, dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan bisa menular kepada hewan.

Kaya Akan Protein
Kecoa dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi, mereka dipercaya dapa memenuhi kebutuhan protein harian. Yang perlu diperhatikan yaitu kecoa yang akan dimakan bersama nasi harus diolah dengan baik terlebih dahulu.

Jika tidak diolah dengan benar, maka kecoa tersebut akan membahayakan kesehatan Anda seperti memicu gejala untuk penderita alergi.

Sebuah penelitian dari University of Nottingham menemukan bahwa kecoa memiliki zat di otak yang dapat membunuh bakteri Escherichia Coli. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan diare pada tingkat tertentu dan biasanya ditemukan di usus. (okezone.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.