oleh

Fitur Baru Twitter, Sekarang Bisa Kirim Uang ke Pengguna Lain

PortalMadura.Com – Hampir setiap aplikasi di smartphone selalu memperbaiki layanannya dengan mengembangkan beberapa fitur baru, salah satunya yaitu Twitter. Hal ini tidak lain agar penggunanya tidak merasa bosan dengan menu-menu yang ada di dalamnya.

Kabar bahagianya, baru-baru ini Twitter sedang mengeluarkan fitur baru yang memungkinkan followers (pengikut) untuk memberikan tip kepada beberapa pengguna lain menggunakan layanan pembayaran yaitu bernama “Tip Jar”.

Menurut Twitter, tidak sedikit pengguna yang membagikan link pembayaran pihak ketiga ketika mereka meminta bantuan dana melalui Twitter. Misalnya, ketika meminta sumbangan untuk pembiayaan hal tertentu.

Para pengguna tersebut kerap membagikan link dari PayPal atau metode pembayaran lainnya. Nah, hal itulah yang ingin dipermudah Twitter dengan fitur Tip Jar.

“Ini adalah langkah pertama untuk menciptakan cara baru bagi orang-orang, untuk menerima dan menunjukkan dukungan di Twitter dengan uang,” tulis Twitter dalam blog resminya, seperti dilansir Kompas.com.

Untuk melihat apakah sebuah akun bisa dikirimi uang, cukup lihat di laman profilnya. Ikon Tip Jar berada di sebelah kiri ikon direct message (DM). Ketika ikon Tip Jar diklik, akan muncul beberapa layanan atau platform pembayaran yang telah diaktifkan oleh akun tersebut.

Jika ingin mengirimkan uang atau tip, pilih salah satu layanan pembayaran yang dikehendaki dan nantinya akan diarahkan ke layanan tersebut. Lanjutkan dengan memasukan nominal yang ingin disumbangkan.

Sejauh ini, fitur Tip Jar didukung beberapa layanan pembayaran seperti PayPal, Patreon, Venmo, dan Cash App, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mobile Syrup.

Beberapa pengguna Twitter yang menggunakan bahasa Inggris diketahui mulai mendapatkan fitur Tip Jar di profil mereka. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan, seperti kreator, jurnalis, ahli, dan lembaga swadaya.

Belum diketahui bagaimana kriteria pengguna yang diizinkan untuk mengaktifkan fitur Tip Jar. Namun, Twitter menegaskan ketersediaan dan fitur layanan pembayaran ini berbeda-beda di setiap wilayah.

Semua pengguna Twitter berbasis bahasa Inggris disebut sudah bisa mulai memberikan tip kepada pengguna yang sudah bisa mengaktifkan fitur Tip Jar. Twitter mengatakan akan memperluas fitur Tip Jar ke lebih banyak pengguna dalam waktu dekat.

Belum dapat dipastikan apakah Twitter juga akan memboyong fitur ini ke Indonesia atau tidak.

“Tip Jar adalah cara mudah untuk mendukung suara yang luar biasa yang bisa membuat percakapan di Twitter. Ini adalah langkah pertama yang kami lakukan untuk membuat cara baru bagi orang-orang untuk menerima dan menunjukan dukungan mereka di Twitter dengan uang,” kata Twitter.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar