Gas Alam Keluar Saat Pengeboran Sumur Warga Sampang

Penulis: RafiEditor: Hartono
Gas Alam Keluar Saat Pengeboran Sumur Warga Sampang
Sumur bor warga Sampang mengeluarkan gas alam (tangkapan layar)

PortalMadura.Com, Sampang – Sumur bor milik Bahri (62) warga Dusun Tupeje’, Desa Karang Penang Onjur, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diduga mengeluarkan gas alam.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Karang Onjur, Marsuki menyampaikan, gas alam (gas bumi) itu diketahui pada proses pengeboran yang sedang berlangsung dan menjadi tontonan warga.

Bahkan, ada warga yang memanfaatkan bakar jagung. “Uap itu terbakar pada saat disulut menggunakan korek api,” terangnya, Jumat (16/9/2022).

Kondisi tersebut pertama kali diketahui pada Kamis (15/9/2022) dini hari. Menurutnya, penggalian sumur bor baru berjalan 3 hari dan terpaksa dihentikan pada kedalaman 35 meter.

“Pemilik sumur bor dan warga mencium bau gas bumi. Bahkan pipa sumur bor air mengeluarkan suara gemuruh,” katanya.

Fenomena serupa pertama kali muncul di Desa Karang Onjur, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang.

“Sebelum dilakukan pengeboran untuk mendapatkan air tawar, kondisi kontur tanah biasa saja. Bahkan pemilik sumur bor tidak menemukan tanda-tanda akan mengeluarkan gas bumi,” terangnya.

Pihaknya bersama pemilik sumur telah menghentikan proses pengeboran air dan diberitahukan terhadap petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“Kami telah melaporkan kepada kepolisian dan Babinsa, guna menjaga keamanan lingkungan. Pengeboran sumur dihentikan dan pipa bor telah ditutup,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.