Gatal di Organ Kewanitaan? Hal Penting Ini Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Gatal di Organ Kewanitaan Hal Penting Ini Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (inanews.cc)

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang banyak dialami oleh perempuan adalah rasa gatal pada organ kewanitaan. Penyebabnya bisa beragam, termasuk karena kurangnya menjaga kebersihan kelamin.

Nah, jika Anda mengalaminya, maka ada hal penting yang perlu Anda ketahui terkait rasa gatal yang muncul pada organ paling intim tersebut. Apa saja itu?.

Simak penjelasan berikut ini:

Gatal pada Vagina
Masalah gatal di vagina ini umumnya disebabkan oleh jamur atau karena reaksi alergi. Vagina memiliki bakteri sehat yang penting untuk menjaga keseimbangan pH di dalamnya.

Namun, ketika jumlah bakteri sehat itu semakin banyak atau bakteri jahat mulai mendominasi vagina, itu dapat menyebabkan gatal-gatal atau bau tidak sedap pada vagina dan adanya sensasi pembakaran.

Munculnya jamur ini bisa disebabkan oleh ‘seks’ yang kurang bersih, kadar gula berlebih, penggunaan antibiotik, sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta kemungkinan adanya paparan bahan kimia.

Salah satu hal yang mungkin terjadi menyertai rasa gatal ini adalah munculnya cairan putih kental yang disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur dapat dikenali dengan munculnya sensasi terbakar pada vagina, bau tidak sedap dan keluar cairan putih kental dari vagina.

Cara Mengobati Infeksi Jamur di Vagina
Untuk mengobati masalah ini, Anda dapat menggunakan obat minum atau gel yang memberikan efek menenangkan pada vagina. Jamur menyukai sesuatu yang manis sehingga Anda harus mengurangi makanan atau minuman manis yang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur di vagina.

Untuk mengobati gatal pada vagina, Anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat olahan sepenuhnya. Pakailah pakaian katun karena lebih mudah menyerap keringat dan tidak membuat Anda merasa lembap sepanjang waktu. Selain itu, pastikan bahwa Anda mengganti celana dalam dua kali dalam sehari.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan vagina dan menjaga keseimbangan pH. Reaksi alergi juga dapat menyebabkan gatal pada vagina. Untuk mengobati masalah ini, jangan menggunakan parfum, losion atau sabun yang terlalu kuat. Anda bahkan mungkin memiliki reaksi alergi terhadap jenis kain tertentu seperti polyester, jadi berhati-hatilah.

Baca Juga : Anda Sering Merasa Gatal di Area Miss V? Atasi dengan 4 Cara Mudah Ini

Sejumlah cara tersebut memang bisa Anda coba untuk mengobati rasa gatal di bagian kewanitaan Anda. Namun jika rasa gatal ini tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya ke dokter.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.