oleh

Gelar Pameran Lukisan, Seniman Sampang Launching Eduwisata Batik

PortalMadura.Com, Sampang – Komunitas Perupa Sampang (KPS), Madura, Jawa Timur menggelar pameran tunggal dua sisi dan launching Eduwisata Batik.

Seniman yang menggelar pameran tunggal bertajuk Dua Sisi, Hartono menyampaikan, semua karya lukisan bernuansa batik yang mengangkat kearifan lokal daerah Sampang.

Acara pameran belangsung selama satu pekan ke depan. Sejak peresmian Eduwisata Batik Sampang pada tanggal 17 sampai 25 Oktober 2020.

“Kami sengaja melakukan pameran lukisan bernuansa batik. Namun, masing-masing dari 14 karya menceritakan tentang khas, budaya dan makna tersendiri yang berbeda,” uajrnya, Jumat (23/10/2020).

Selain Eduwisata Batik, Hartono telah lama merintis lembaga pelatihan batik Salose Sampang sebagai sarana edukasi untuk mengembangkan batik tulis yang dapat diikuti, pelajar dan masyarakat umum.

“Supaya generasi muda mempunyai wawasan lebih luas dalam mengembangkan budaya dan karya sandang batik,” lanjutnya.

Ketua KPS, Chairil Alwan mengaku sangat bangga terhadap anggota seniman yang telah membuktikan dan menunjukkan aneka ragam karya bernuansa batik tulis.

“Melihat karya pameran tunggal Dua Sisi, sangat memberikan motivasi baru dan mendorong kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi melestarikan budaya khususnya melalui kesenian,” jelasnya.

Pihaknya menilai, Eduwisata Batik Sampang sangat tepat menjadi salah satu referensi bagi calon pengrajin batik tulis dan dapat mengikuti pelatihan bagaimana cara membatik dengan mahir dan profesional.

“Yang tak kalah pentingnya, masyarakat dapat menawarkan program kegiatan terkait batik-membatik,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.