Generasi Millenial, 5 Tindakan Sederhana Ini Bisa Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

  • Bagikan
Generasi-Millenial,-5-Tindakan-Sederhana-Ini-Bisa-Bantu-Pemulihan-Ekonomi-Indonesia
Ilustrasi (creatives.com)

PortalMadura.Com – Selama pandemi melanda, ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan pada perekonomian di Indonesia. Misalnya terjadi pemutusan hubungan kerja, harga bahan pokok yang semakin naik dan daya beli masyarakat yang menurun.

Akibatnya, Indonesia terus melakukan perbaikan ekonomi dengan mengeluarkan kebijakan selama hampir dua tahun ini. Melihat semua itu, seharusnya sebagai generasi millenial berkontribusi untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. Karena, kaum millenial dikenal memiliki ide dan gagasan yang inovatif dalam membantu Indonesia melewati masa sulit.

Nah, apabila Anda masih bingung mau berkontribusi seperti apa, berikut ini adalah 5 peran yang bisa dilakukan oleh generasi millenial untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (30/11/2021) dari laman Idntimes.com:

Membeli Produk UMKM

Salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalan membantu pedagang kecil atau usaha kecil menengah ke bawah dengan membeli produk daganganya. Meskipun hal ini terkesan sederhana, namun hal tersebut memiliki dampak besar terutama untuk terus menggerakan ekonomi di tingkat mikro.

Dengan membeli produk pedagang UMKM kalian juga turut membantu para pedagang untuk tetap bisa menyambung hidup selama pandemi berlangsung. Terakhir, dengan membeli produk UMKM kalian juga bisa mendapatkan harga yang biasanya lebih terkangkau.

Membantu Mempromosikan Produk UMKM

Era digital salah satunya ditandai dengan tingkat keaktifan manusia dalam dunia maya atau medsos. Kini hampir semua hal dilakukan secara digital, salah satunya adalah dalam hal promosi atau iklan. Dengan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter kalian sudah bisa berjualan atau memasarkan produk yang kalian akan jual.

Hampir semua millenial kini mempunyai akun sosial media dengan followers cukup banyak yang apabila digunakan untuk membantu promosi atau produk UMKM tentu akan berdampak baik bagi perekonomian. Hanya dengan mengunggah tempat jualan atau produk jualan, Anda secara tidak langsung telah membantu para pelaku UMKM.

Mengurangi Pembelian atau Konsumsi Produk Impor

Peran berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi pembelian produk impor. Hal ini menjadi penting karena dengan membeli produk impor kalian justru akan menambah devisa negara lain.

Kini sudah banyak sekali produk lokal yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk impor dan bahkan secara harga jauh lebih terjangkau. Dengan membeli produk dalam negeri, kalian secara langsung berkontribusi memberikan devisa negera dan menghidupkan kembali perekonomian nasional.

Meningkatkan Ketrampilan dan Pendidikan yang Dimiliki

Perkembangan zaman menuntut kalian harus bisa mengusai banyak pengetahuan dan skill. Semakin banyak skill dan pengetahuan kalian tentang sesuatu hal akan membuat value kalian tinggi dan lebih mudah terserap dalam dunia kerja.

Hal itu ternyata juga berhubungan dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Karena ketika Anda terus meningkatkan ilmu dan skill, maka Anda juga berkontribusi mengurangi angka pengangguran. Selain itu dengan ilmu yang Anda punya, Anda juga bisa menulis opini atau esai yang berisi gagasan atau ide tentang pemulihan ekonomi di Indonesia.

Mengembangkan Usaha yang Kreatif dan Inovatif

Sebagai generasi millenial, tentu kreatifitas dan inovasi Anda dalam berkontribusi bagi Indonesia sangat dibutuhkan. Apalagi di era modern seperti saat ini banyak sekali peluang yang bisa kalian manfaatkan untuk membantu di Indonesia di bidang ekonomi.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak lahir online shop, start up, atau usaha yang dilakukan oleh millenial yang ternyata bisa berdampak positif bagi perekenomian nasional. Karena usaha yang mereka jalankan mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga angka pengangguran dan kemiskinan bisa ditekan.

Nah itulah 5 peran millenial yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia. Jangan remehkan setiap peran kecil kalian karena apabila hal kecil itu dilakukan secara konsisten dan bersama-sama, maka akan menjadi peran yang besar. Selamat berkontribusi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.