Gizi Buruk Landa Suku Asmat, 25 Anak Meninggal Dunia

Avatar of PortalMadura.Com
Gizi Buruk Landa Suku Asmat, 25 Anak Meninggal Dunia
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Jakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran terkait untuk segera turun ke lapangan menyelesaikan kejadian luar biasa campak dan yang terjadi di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, dalam beberapa bulan terakhir.

“Kita sudah kirim tim berapa hari lalu atau minggu lalu. Sudah mulai September masuk ke sana,” ujar Presiden RI Joko Widodo, pada Minggu (14/1/2018), dilansir Anadolu.

Dirinya juga telah mengirimkan bantuan makanan. Namun, dia mengakui banyak kendala yang dihadapi, mulai dari medan yang sulit, biaya yang tinggi, hingga jarak tempuh yang cukup jauh.

“Perjalanan ada rawa, di situ harus naik boat 2 sampai 3 jam untuk biaya ada Rp 3 sampai Rp 4 juta. Ini sebuah kendala yang memang sangat menghambat,” tambah dia.

Oleh karena itu, Presiden meminta pemerintah daerah setempat berperan aktif memeriksa dan mengawasi kondisi kesehatan masyarakatnya sehingga penyebaran penyakit dapat dicegah dengan cepat.

“Pemda yang dekat selalu memantau, melihat, mengelilingi terus daerah-daerah yang diperkirakan terjangkit penyakit, atau gizi buruk,” ujar Presiden.

Akibat imunisasi tidak optimal, campak dan gizi buruk melanda di Distrik Agats, Papua. Dalam beberapa bulan terakhir ada sekitar 25 anak . (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.