oleh

Mau Hamil Anak Kedua? Yuk, Cek Jarak Idealnya di Sini

PortalMadura.Com – Ketika pasangan suami istri memutuskan ingin memiliki anak kedua, mereka seringkali bertanya berapa jarak usia ideal dengan anak pertama. Hal ini memang sepenuhnya merupakan keputusan personal yang bergantung pada berbagai keadaan.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan orang tua jika mereka juga memikirkan kesehatan ibu dan anak. Mungkin beberapa pasangan akan memberi jarak dua tahun, tapi banyak juga yang menunggu hingga lima tahun.

Berikut ini empat hal yang bisa dipertimbangkan ketika merencanakan anak kedua:

Jarak Ideal
Tidak diragukan, keputusan untuk memiliki anak kedua merupakan keputusan Anda sepenuhnya. Tapi, Anda tidak bisa berkompromi mengenai kesehatan ibu. Saat ibu baru pulih dari kehamilan pertamanya, dia harus memikirkan anak yang kedua.

Selain itu, masih ada beberapa pro dan kontra apakah jarak anak pertama dan kedua harus berdekatan atau terlalu jauh.

Jarak 12-18 Bulan
Ketika anak memiliki jarak usia 12-18 bulan, mereka cenderung akan memiliki ikatan yang lebih kuat. Anak pertama akan terlalu kecil untuk memahami kecemburuan, dan kedua anak bisa menjadi teman bermain. Tapi, kebutuhan intensif dua anak yang masih sangat kecil akan berdampak banyak pada kesehatan ibu.

Malam yang kurang tidur akan berlangsung selama 1-2 tahun, menyusui atau membesarkan mereka bersamaan, setiap tanggung jawab menjadi dua kali lipat.

Beberapa studi mengatakan bahwa jarak antara dua anak, yang kurang dari 18 bulan, akan memunculkan masalah seperti kelahiran prematur, usia gestasional yang kecil, dan berat badan lahir rendah.

Jarak Dua Tahun
Ada beberapa dokter yang merekomendasikan pasangan menunggu dua tahun untuk memiliki anak kedua. Hal ini tidak hanya baik untuk kesehatan ibu, tapi juga untuk anak yang akan dilahirkan. Anak pertama juga sudah mencapai usia di mana dia bisa berekspresi dan memahami berbagai hal dengan lebih baik.

Jarak Tiga Tahun atau Lebih
Ketika jarak anak pertama dan kedua adalah lebih dari tiga tahun, anak pertama sudah cukup besar untuk mandiri dan merasa aman. Di saat ini, tubuh ibu juga sudah sepenuhnya pulih dari kehamilan pertama, menyusui dan melahirkan.

Orang tua bisa memberikan perhatian kepada kedua anak, karena anak dua memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda. Namun, hamil lagi setelah sekian tahun bisa menjadi lebih berat bagi tubuh ibu.

Para ahli mengatakan, setelah tiga tahun atau lebih, kehamilan kedua bisa lebih berisiko. Tapi, jika Anda menunggu hingga lima tahun, Anda bisa terkena hipertensi, gangguan ginjal, dan bahkan diabetes.

Namun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, jarak kehamilan sedikitnya adalah 24 bulan antara anak pertama dan kedua. Di saat itulah, tubuh ibu sudah pulih sepenuhnya dari kehamilan pertama, karena ibu sudah mendapatkan kembali nutrisi yang hilang saat kehamilan pertama. Jika bukan 24 bulan, jarak minimal 18 bulan harus dijaga. (viva.co.id/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar