oleh

Gunakan Plastik dengan 3 Cara Bijak Ini

PortalMadura.Com – Permasalahan sampah plastik kian besar dan rumit. Sehingga, berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan jumlah sampah plastik.

Salah satunya upaya berupa kampanye ganti pemakaian kantong plastik yang kini mulai bermunculan. Keunggulan plastik memang sulit tergantikan, setidaknya sampai ada material yang bisa menggantikannya. Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menggunakan plastik dengan bijak? Berikut ini caranya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Mulailah Percantik Tempat Sampah
Jangan hanya ruang tamu dan taman yang dipercantik, tetapi juga tempat sampah di dapur. Cuci setiap hari tempat sampah seperti halnya mencuci perabotan di rumah lainnya.

Baca Juga: Naik Motor Sambil Main HP, Ibu Muda Tewas Kecelakaan di Madura

Belajar Memilah Sampah dengan Benar
Pemilahan sampah yang benar bukan organik dan non organik, tetapi dibedakan berdasarkan materialnya, yaitu sampah plastik, sampah organik, sampah kertas, sampah kaca, dan sampah logam.

Belajar Mendaur Ulang Sampah
Tidak ada salahnya belajar membuat biopori, yaitu membuat kompos sendiri di halaman rumah yang berasal dari sampah organik. Dengan begitu, hanya sampah plastik dan non organik yang akan sampai di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

Jika sampah organik ini berkurang, akan jauh mengurangi beban TPA. Menurut data, sampah di TPA Bantar Gebang didominasi sampah rumah tangga organik, dengan jumlah mencapai 48. Sementara itu, sampah plastik hanya 15 persen.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar