oleh

Guru Honorer di Pamekasan Berjumlah 9.020 Orang, Setahun Dapat Insentif Rp 600 Ribu

PortalMadura.Com, Pamekasan – Jumlah guru honorer di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sebanyak 9.020 orang. Bahkan, jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Kasubag Perencanaan Program dan Evaluasi Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan M Bahri mengungkapkan, guru honorer non kategori di daerahnya mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu pertahun. Pencairan insentif itu langsung masuk kepada rekening penerima.

“Jadi tidak mungkin salah sasaran, karena data itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) bupati. Kemudian setiap guru harus mempunyai nomor rekening sendiri,” katanya, Senin (25/11/2019).

Bahri menambahkan, insentif sebesar Rp 600 ribu itu apabila dibagi dalam setahun sebesar Rp 50 ribu perbulan. Jumlah itu memang tidak sebanding dengan pengabdian guru dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Momen Hari Guru, Komisi IV DPRD Sumenep Minta Tingkatkan Kualitas Guru 

Sementara itu, Zainuddin salah satu guru honorer non kategori di Pamekasan mengakui jika dirinya menerima insentif tersebut. Tetapi dia berharap agar pemerintah lebih memperhatikan nasib tenaga pendidik yang tugasnya tidak ringan.

“Kami berharap pemerintah memperhatikan nasib guru, karena uang segitu tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bukan berarti guru tidak ikhlas, tapi itulah kenyataannya,” harap guru SMP swasta tersebut.

Penulis: Marzukiy
Editor: Desy Wulandari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.