Guys, Ini 5 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Ini 5 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kanker masih menjadi salah satu penyakit mematikan nomor satu di dunia. Bahkan sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Ternyata banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit yang satu ini, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, adanya benjolan di sekitar payudara, dan lain sebagainya.

Bagi kaum hawa, masih menjadi momok yang sangat menakutkan. Sebab, sudah banyak perempuan penderita kanker ini yang harus kehilangan nyawanya. Lebih miris dan tragis lagi, tidak banyak penderita kanker yang mengetahui penyakitnya di stadium awal.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena rasa khawatir, stres dan depresi akan lebih meningkatkan risiko kanker payudara. Saat ini, yang perlu Anda lakukan adalah mencegah risiko kanker tersebut dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

Jaga Berat Badan
Pastikan untuk menjaga berat badan tetap pada posisi ideal atau setidaknya tidak terlalu berlebihan. Obesitas adalah penyebab utama dari risiko kanker. Jadi, penting untuk menghindari obesitas dan menjaga berat badan agar senantiasa stabil.

Hindari dan Hentikan Merokok
Selain meningkatkan risiko kanker, merokok juga meningkatkan berbagai penyakit mematikan lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal hingga kerusakan hati. Untuk mencegah risiko kanker payudara, pastikan untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok. Peringatan ini tidak hanya untuk para perokok aktif, para perokok pasif juga penting untuk menghindari rokok.

Jauhi Minuman Beralkohol dan Ringan
Jauhi segala minuman beralkohol juga minuman ringan. Pemanis maupun perasa buatan pada dua jenis minuman ini sangat buruk buat kesehatan. Berbagai zat yang terkandung di dalam minuman ini bahkan dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Well, sangat penting untuk menghindari dan menjauhi keduanya.

Jangan Terlalu Stres
Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidup mereka. Setiap masalah yang ada tidak perlu dipikirkan terlalu dalam. Jangan biarkan diri Anda stres, depresi atau cemas berlebihan. Stres dan depresi justru membuat sel kanker pada tubuh bisa semakin cepat tumbuh dan berkembang. Usahakan untuk selalu senang, tenang dan bahagia. Perasaan bahagia adalah salah satu cara mudah untuk mencegah kanker terutama kanker payudara.

Olahraga dan Istirahat Cukup
Pastikan untuk memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Olahraga bisa dimulai dari yang paling ringan yakni lari pagi, senam, renang atau jalan kaki. Sementara untuk istirahat, ahli menyarankan agar setiap hari istirahat yang perlu dilakukan kurang lebih selama 8 jam atau sekurang-kurangnya 6 jam.

Itulah beberapa cara mudah untuk mencegah risiko kanker payudara. Selain cara di atas, cara lain untuk mencegah kanker payudara adalah dengan konsumsi air putih cukup, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta menghindari asupan daging. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.