Guys, Ini 5 Cara Mudah Periksa Kesehatan Kaki Anda

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Cara Mudah Periksa Kesehatan Kaki Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan kaki memang menjadi salah satu hal yang jarang mendapat perhatian bagi banyak orang. Sering kali orang tidak memerhatikan kondisi kesehatan kakinya secara menyeluruh kecuali sudah terlalu parah.

Padahal, terdapat sejumlah masalah kesehatan yang ditunjukkan oleh kaki Anda dan umum dialami seseorang. Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang biasa dilakukan untuk memeriksa kesehatan kaki Anda. Penasaran?.

Berikut ini lima cara mudah memeriksa kesehatan kaki:

Bintik Merah di Kaki
Kondisi melepuh atau bintik-bintik merah mungkin muncul pada kaki Anda. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ukuran sepatu yang terlalu sesak. Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengganti ukuran sepatu dengan yang lebih besar dan lebar.

Kuku Tumbuh secara Salah
Cara memotong kuku yang salah mungkin saja berkembang menjadi kuku yang tumbuh di dalam daging. Hal ini bisa berkembang menjadi cantengan sehingga sebaiknya Anda memotong kuku dengan potongan lurus.

Tumit Kapalan
Kapalan merupakan masalah yang banyak dialami pada tumit seseorang. Hal ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang dibiarkan dalam waktu yang lama. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggosok kaki menggunakan batu apung.

Baca Juga: Waspada! Kenali 3 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Pakai Kaus Kaki Basah

Jari Berubah Warna
Perubahan warna pada jari baik merah, biru, maupun ungu dapat menjadi tanda ada yang tidak beres pada kaki Anda. Hal ini bisa menjadi tanda munculnya infeksi, cedera, atau masalah lain yang terkait dengan aliran darah.

Masalah Sirkulasi Darah
Masalah sirkulasi darah ini dapat dikenali dengan menekan jempol kaki dan menunggunya kembali pada warna semula. Jika membutuhkan waktu lebih dari lima detik, ini pertanda ada gangguan dalam sirkulasi darah Anda.

Masalah yang terjadi pada kaki ini kerap terjadi pada seseorang tanpa dia sadari. Pastikan untuk melihat dan memeriksa kaki Anda untuk mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.