Guys, Ini 5 Jenis Penyakit Mental yang Bisa Disembuhkan dengan Rutin Yoga

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Jenis Penyakit Mental yang Bisa Disembuhkan dengan Rutin Yoga
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu jenis olahraga yang bisa membuat tubuh lentur dan memberikan keseimbangan mental, yaitu . Olahraga ini sering disebut sebagai obat mujarab untuk mengobati .

Jika dilakukan secara teratur, gangguan mental yang mendera seseorang sedikit demi sedikit bisa disembuhkan. Lantas, penyakit mental apa saja yang bisa disembuhkan dengan yoga?.

Berikut lima gangguan mental yang dapat disembuhkan secara perlahan dengan rajin melakukan yoga:

Depresi
Yoga telah lama dikenal sebagai olahraga yang efektif untuk mengobati beberapa jenis depresi. Serangkaian penelitian dari Belanda menemukan bahwa yoga akan memberikan kesempatan untuk melepaskan stres dan ketegangan dengan membantu mengalihkan fokus ke gerakan yoga yang membuat tubuh terhubung secara holistik.

Dengan melepaskan semua energi negatif dan mengalihkan persepsi buruk yang biasanya tidak terkendali, maka pikiran berubah menjadi lebih positif dan suasana hati meningkat.

Kegelisahan
Yoga pun bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania pada tahun 2016, menemukan, bahwa terjadi penurunan depresi dan kecemasan pada mereka yang rajin beryoga.

Gangguan Makan
Terapi yoga ternyata bermanfaat pada pasien dengan gangguan makan atau eating disorder. Berlatih yoga akan membuat pikiran lebih tenang dan selaras.

Terjadi kontrol dan kesadaran atas kepemilikan tubuh yang membuat penderita gangguan makan kemudian ingin merawat tubuhnya lebih baik melalui pilihan makanan serta pola makan yang dijalankan.

Skizofrenia
Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang membuat penderitanya mengalami halusinasi, delusi, hingga perubahan tingkah laku.

Sebuah penelitian yang ditulis di “The Journal of Alternative and Complementary Medicine” menemukan, bahwa program terapi yoga yang dilakukan selama 8 minggu menyebabkan pasien skizofrenia mengalami penurunan pikiran negatif dan perbaikan tingkah laku.

Gangguan Stres Pasca Trauma
Trauma yang dialami bisa membuat orang stres. Namun, stres ini bisa dihilangkan dengan rutin melakukan yoga yang membuat pikiran jadi lebih tenang, memunculkan potensi diri, dan membuat orang berani melawan trauma.

Selain penyakit mental di atas, yoga yang rutin dilakukan juga bisa menyembuhkan kecanduan seseorang akan narkoba atau alkohol. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.