Guys, Ini 7 Khasiat Kol Ungu yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Ini 7 Khasiat Kol Ungu yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu sayuran yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh yaitu kol ungu. Sayuran ini mudah ditemui di pasar atau supermarket. Sehingga saat ini kol ungu banyak dikonsumsi masyarakat.

Sebenarnya kol hijau atau kol ungu sama-sama baik untuk kesehatan. Hanya saja kol merah mengandung vitamin A sepuluh kali lebih banyak dibandingin kol hijau. Berikut beberapa manfaat kol ungu untuk kesehatan:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kol ungu kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan penting yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga memperkuat sistem kekebalan dan melindungi dari kerusakan radikal bebas.

Dalam seporsi kol merah terkandung 51 mg vitamin C, sementara kol hijau hanya memiliki 37 mg vitamin yang sama.

Mencegah Kanker
Sayuran ini memainkan peran utama dalam pencegahan kanker. Hal itu disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan seperti indoles dan anthocyanin yang ada di dalamnya.

36 Jenis anthocyanin yang terkandung di dalamnya memberi kubis warna ungu. Sementara indoles berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Membantu Dalam Penurunan Berat Badan
Mengkonsumsi kol ungu sangat baik untuk mereka yang sedang mencoba berdiet atau sekadar menjaga berat badan. Kol ungu sangat rendah kalori dan tinggi serat. Dengan demikian Anda akan merasa kenyang lebih lama. Nafsu makan pun jadi lebih terkendali.

Di sisi lain, serat pada kol ungu juga baik untuk mereka yang bermasalah dengan pencernaan. Bisa juga untuk membantu melancarkan buang air besar bagi penderita konstipasi ringan.

Mencegah Arthritis dan Peradangan
Menurut The Arthritis Foundation, kol ungu disarankan dikonsumsi setiap hari bagi pasien penderita arthritis. Sayuran ini mengandung fitonutrien yang dapat membantu menurunkan peradangan kronis. Kol ungu mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Kandungan ini merupakan pembunuh peradangan yang ampuh.

Mengobati Bisul
Sejumlah besar asam amino yang disebut glutamin ditemukan di dalam kol ungu. Karena itulah sayuran ini sangat baik untuk menurunkan peradangan yang terkait dengan sakit maag. Jus kol ungu juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati sakit maag.

Mengurangi Risiko Osteoporosis
Sayuran yang luar biasa ini dikemas dengan magnesium, mangan, kalsium dan mineral penting lainnya dan vitamin seperti vitamin K. Semua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang optimal serta menjaga kepadatan mineral tulang.

Dengan konsumsi kol ungu secara teratur, risiko arthritis, osteoporosis, dan gangguan tulang lainnya bisa dikurangi.

Meningkatkan Metabolisme
Metabolisme merupakan mekanisme pengolahan kalori menjadi energi. Dan kubis merah atau ungu merupakan salah satu sayuran yang akan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Sayuran ini kaya akan vitamin B kompleks yang membantu dalam berfungsinya metabolisme dalam sel.

Jika Anda menderita hipertiroidisme disarankan agar Anda menghindari konsumsi kol ungu. Karena itu adalah sayuran cruciferous yang diketahui mempengaruhi kelenjar tiroid.

Demikian aneka manfaat kol ungu bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa mengolah kol ungu sebagai campuran salad, campuran green juice, atau tumisan. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.