Guys, Ini Dampak Negatif Makan Terburu-buru pada Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini Dampak Negatif Makan Terburu-buru pada Kesehatan Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Godaan makanan enak biasanya oleh sebagian orang dimakan dengan cara terburu-buru. Apalagi dalam keadaan lapar, tanpa pikir panjang terkadang seseorang langsung menyantapnya sehingga membuat makanan tidak halus saat dikunyah.

Padahal, makan dengan cepat dan langsung ditelan ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengunyah dulu sampai makanan benar-benar halus. Sebab, ada sejumlah risiko dan bahaya yang mengintai bila Anda . Apa saja risikonya?. Ini penjelasannya:

Berisiko Mengalami Gangguan Pencernaan
Makan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Gejalanya meliputi sensasi terbakar dan perut yang padat seolah-olah baru menelan batu. Terkadang gejala gangguan pencernaan ini sangat parah sampai sering dikira serangan jantung. Rasa tidak nyaman ini biasanya muncul karena tubuh belum siap mencerna makanan yang ditelan dengan terburu-buru.

Berat Badan Bisa Naik
Otak dan perut Anda bekerja bersama-sama untuk mengendalikan nafsu makan dan proses ini tidaklah instan. Perlu diketahui bahwa butuh waktu 20 menit untuk perut menyampaikan pesan pada otak kalau tubuh sudah kenyang. Kalau Anda makan terlalu cepat, kalori akan keburu menumpuk di dalam tubuh sebelum sempat memberitahu otak untuk berhenti makan.

Makan terburu-buru juga malah memberi tubuh Anda sinyal untuk makan lebih banyak. Karena Anda lebih menuruti keinginan perut dan bukannya peringatan dari otak untuk berhenti makan saat sudah cukup kenyang. Dampaknya, jumlah kalori yang dikonsumsi jadi berlebihan sehingga berat badan bisa naik tanpa benar-benar Anda sadari.

Tidak Lagi Peka dengan Sinyal Lapar dan Kenyang yang Sesungguhnya
Makan terburu-buru membuat tubuh jadi kehilangan cara alaminya untuk mengenali sinyal lapar dan kenyang yang sesungguhnya. Anda makan bukan lagi karena sedang lapar. Anda tidak bisa mengenali sinyal kapan perut sebenarnya sudah kenyang, sehingga terus makan sampai puas. Dengan kata lain, nafsu makan Anda lebih dikendalikan oleh emosi. Pola makan pun jadi makin tidak karuan.

Sangat disarankan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Nikmati setiap suapan dengan mengunyahnya sampai benar-benar lembut sebelum ditelan. Selain itu kalau ingin menambah makanan lagi, baiknya menunggu jeda 20 menit terlebih dahulu. Kalau setelah 20 menit memang masih lapar, Anda baru bisa menambah porsi makan.

Yuk, nikmati makanan dengan mengunyah setiap suapannya perlahan-lahan. Karena kesehatan Anda juga sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari. Semoga infonya bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.