oleh

Guys, Kenali Tanda Rasa Lapar yang Datang Karena Emosi

PortalMadura.Com – Bingung mengapa diet Anda selalu gagal ? Bisa jadi itu karena Anda makan bukan hanya karena lapar saja. Sebagian besar orang mungkin juga termasuk Anda, seringkali melampiaskan makanan untuk mengurangi stres atau sekedar mengembalikan mood yang tidak baik, seperti bosan, sedih, atau bahkan untuk mengusir rasa sepi. Namun setelah itu, yang dirasakan bukan semakin membaik, tapi malah rasa penyesalan dan bersalah karena kebanyakan makan.

Kondisi seperti itu, yakni keinginan makan yang dipicu bukan karena perut kosong disebut juga makan emosional. Kita menggunakan makanan untuk membuat perasaan nyaman, makan untuk memuaskan kebutuhan emosional, bukan fisik.

Rasa lapar emosional tentu saja tidak bisa dipenuhi oleh makanan. Makan mungkin akan membuat terasa lebih baik pada saat itu, tetapi perasaan yang memicu keinginan makan masih tetap ada.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda bedakan antara lapar emosional dan lapar fisik. Hal tersebut perlu Anda ketahui agar Anda tidak selalu merasa bersalah setelah memenuhi keinginan makan Anda. Ini juga penting bagi Anda yang ingin fokus diet agar pola makan Anda lebih teratur.

Datang mendadak
Rasa lapar emosional mendadak datang dan membuat kita ingin makan pada saat itu juga, sementara lapar fisik bertahap.

Ingin makanan spesifik
Saat kita lapar fisik, semua makanan terdengar enak, termasuk yang sehat. Namun saat kita lapar emosional, kita menginginkan makanan manis atau junk food.

Makan tanpa sadar
Sebelum kita sadar, ternyata sebungkus keripik sudah habis tanpa kita merasa menikmatinya.

Tidak memuaskan
Kita akan tetap merasa kurang dan terus makan sampai merasa tidak nyaman. Sebaliknya, lapar fisik akan membuat kita merasa puas saat perut kenyang.

Berakhir dengan penyesalan
Saat kita makan memang karena lapar, kita tidak akan merasa bersalah atau malu karena kita memang memberi apa yang tubuh butuhkan.

Itulah perbedaan antara lapar emosional dan lapar fisik. Sekarang, dengan mengetahuinya semoga Anda lebih bisa mengontrol pola makan Anda. (kompas.com/Nanik)


Tirto.ID
Loading...

Komentar