Guys, Ketahuilah 6 Hal yang Menyebabkan Matamu Kedutan

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ketahuilah 6 Hal yang Menyebabkan Matamu Kedutan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sesuatu jika dipandang dengan hal yang berbau mistis tentunya sangat tidak masuk akal apabila dibahas dan dibandingkan dengan menggunakan akal sehat atau pembahasan medis.

adalah salah satu contohnya. Banyak orang-orang yang masih kolot dan percaya dengan hal-hal mitos terdahulu menyebutkan apabila mata kita berarti ada orang yang tidak suka dengan kita dan sedang membicarakan kita yang tidak-tidak.

Jika di pikir dengan logika tentu tidak masuk akal bukan? Ya, Karena hal ini ada penjelasan medisnya. Apakah itu? Mari kita simak

Dilansir dari Women's Health Mag, Hannah Yecheskel dokter mata dari Washington DC menjelaskan bahwa kedutan pada mata disebabkan karena kejang pada bagian saraf karena otot mata dalam kondisi stres.

“Kelopak mata sendiri sangat halus sehingga bagian ototnya sangat rentan terhadap berbagai efek berbeda,” jelas pakar bedah mata, Brian Boxer Wachler, M.D.

Umumnya kedutan ini bakal hilang dengan sendirinya, namun jika kedutan ini tak kunjung hilang maka ada yang tak beres pada kebiasaanmu sehari-hari.

6 Hal yang Menyebabkan Matamu Kedutan

Berikut enam hal umum yang menyebabkan mata tak berhenti kedutan.

Konsumsi kafein terlalu banyak

Kebiasaan minum teh dan kopi secara berlebihan dapat menimbulkan kedutan pada mata. Stimulan dari kafein dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme sehingga otot bekerja dan dapat menyebabkan kedutan pada mata.

Stres

Kondisi stres dapat mempengaruhi tubuh seseorang dalam berbagai cara termasuk berupa kedutan.

“Itu (kedutan) merupakan tanda bahwa sesuatu terlalu berat untuk tubuhmu atasi,” jelas Hannah Yecheskel.

Oleh karena itu, kedutan yang kamu alami bisa jadi karena stres yang membebanimu. Cara menangani hal ini adalah dengan mencari akar stres tersebut dan segera menyelesaikannya.

Alergi

Saat tubuh mengalami alergi, maka sejumlah histamin dilepas pada tubuh yang menyebabkan berbagai macam reaksi. Salah satu reaksi paling umum yang terjadi adalah kedutan pada mata atau munculnya rasa gatal. Untuk mengobati kedutan karena penyebab ini, maka cara yang digunakan adalah dengan mengonsumsi obat anti alergi.

Mengingat kelopak mata merupakan salah satu otot paling halus pada tubuh, maka sedikit masalah dapat menyebabkan kedutan ini. Masalah yang dimaksud ini adalah kurangnya mata terpejam atau kurang tidur.

Ketika hal ini terjadi, mata akan terus merasa lelah sehingga terjadi kedutan. Cara untuk menghilangkan masalah kedutan ini adalah segera ambil bantalmu dan tutup mata hingga rasa kantuk hilang.

Saatnya Ganti Kacamata

Jika kamu mengalami kedutan ketika membaca buku atau memandang layar komputer, maka bisa berarti sudah waktunya mengganti kacamatamu.

Hal ini terjadi karena kedutan ini diperkirakan terjadi karena otot mata berusaha sangat keras untuk tetap fokus.

Tumor

Kedutan sebagai pertanda tumor ini sangat jarang namun mungkin saja terjadi. Jika diketahui bahwa lima hal di atas tadi bukan merupakan penyebab kedutan yang kamu alami, maka kamu perlu segera ke dokter untuk memeriksakan kondisimu.

Itulah enam hal yang salah satunya mungkin menjadi penyebab dari kedutan yang kamu alami. Jadi jangan selalu menyimpulkan sesuatu dengan hal mitos ya guys, karena jika itu menyangkut dengan anggota tubuh kita tentunya masih bisa dijelaskan dengan pembahasan medis.

Jaga selalu kesehatan kalian ya guys.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.