oleh

Guys, Lakukan 3 Cara Ini Untuk Menyiapkan Menu Sahur yang Sehat

PortalMadura.Com – Ada beberapa kebisaan yang harus berubah selama bulan Ramadan. Seperti tidak sarapan dan makan siang. Waktu sarapan diganti makan sahur yang dilakukan dini hari sebelum salat subuh.

Tentu saja makan sahur di waktu tengah malam atau sebelum subuh akan terasa berat karena pasti akan mengantuk. Namun, hal itulah salah satu nilai ibadah yang akan diperoleh di bulan Ramadan. Lantas bagaimana cara Anda untuk menyiapkan makanan sahur yang sehat?

Berikut ulasannya:

Bangun Lebih Awal
Usahakan bangun lebih awal daripada biasanya. Manfaatkan waktu untuk menyiapkan makanan yang bergizi untuk jadi “bahan bakar” tubuh beraktivitas selama sehari penuh saat puasa.

Sebaiknya tidurlah lebih awal agar bisa bangun lebih cepat. 15 menit menjadi waktu yang cukup kalau Anda memilih menu-menu praktis tapi tetap bernutrisi.

Baca Juga: Ini Keberkahan yang Akan Anda Dapatkan Saat Sahur

Loading...

Mulai dengan yang Kecil dan Ringan
Agar tubuh tidak “kaget” saat bangun tidur, sebaiknya mulailah mengonsumsi sesuatu yang ringan dan kecil. Air putih bisa jadi awal yang baik untuk melepas dahaga dan sebelum memulai makan sahur.

Setelah itu santap porsi kecil makanan yang mudah dicerna dan dilengkapi nutrisi cukup. Contohnya, telur rebus serta buah dan sayur atau protein shake.

Perbanyak Protein
Protein bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Masukkan pilihan menu seperti telur, tempe, ikan atau ayam ke dalam piring Anda sebagai sumber protein.

Kalau Anda terbiasa makan nasi dengan porsi menggunung, sebaiknya dikurangi dan diganti dengan protein, sayur serta buah. Biasanya karbohidrat akan membuat tubuh bertenaga tapi hanya dalam jangka waktu pendek.

Sedangkan protein bisa membuat tubuh kenyang dalam waktu lebih lama. Dengan membiasakan diri memilih menu sahur yang sehat, kandungan gula dalam darah bisa lebih stabil sehingga rasa lapar bisa ditunda atau dicegah.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar