oleh

Habis Masa Idah, Wabup Sumenep Terpilih Penuhi Nazar Injakkan Kaki Hari Pertama di Pulau

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep terpilih, Nyai Hj. Dewi Khalifah akan memenuhi nazar di hari pertama habis masa idah (masa tunggu cerai meninggal) pada Sabtu (6/2/2021).

“Nazar saya akan ke pulau waktu hari pertama selesai masa idah [5/2],” kata Nyi Eva sapaan akrab Nyai Hj. Dewi Khalifah, pada PortalMadura.Com, Kamis (4/2/2021).

Dewi Khalifah merupakan Wakil Bupati Sumenep terpilih mendampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Pilbup Sumenep pada Pilkada Serentak 2020.

Nyi Eva rencananya akan mendatangi Pulau Poteran, Kecamatan Talango, Sumenep yang merupakan pulau terdekat dari daratan Sumenep.

Kunjungan tersebut dikemas dengan ziarah kepada para wali bersama Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumenep.

“Saya akan mulai dari makam Pak Kiai [almarhum suami, red]. Lalu ke Asta Yusuf [Sayyid Yusuf, Talango] pulangnya ke Asta Tinggi [pemakaman raja-raja Sumenep],” urainya.

Suami Nyi Eva, KH. A. Safraji meninggal dunia pada Senin (28/9/2020). Almarhum, selain pengasuh Pondok Pesantren Aqidah Usmuni Terate juga menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep.

Selama proses Pilkada Serentak 2020, Nyi Eva tidak dapat mendampingi secara langsung aktivitas Achmad Fauzi karena masa idah. Nyi Eva harus berjuang dari kediamannya untuk meraup suara terbanyak pada Pilbup Sumenep.

Pada pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, 9 Desember 2020 diikuti dua pasangan calon (palson).

Nomor urut 01, Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Fauzi-Eva) meraup 319.876 suara. Dan nomor urut 02, Fattah Jasin-Ali Fikri (Gus Acing-Mas Kiai) memperoleh 296.676 suara.

Dari hasil rekapitulasi yang digelar KPU Sumenep sejak Rabu (16/12/2020) sampai dengan Kamis (17/12/2020), terpaut 23.200 suara untuk kemenangan Fauzi-Eva.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar