oleh

Halim Perdana Kusuma, Pahlawan Asal Madura

PortalMadura.com–  Di masa penjajahan tidak banyak putera Indonesia yang memiliki keahlian menerbangkan pesawat, terlebih lagi saat itu Indonesia belum memiliki Pesawat Terbang. Namun seorang pria asala Madura tercatat menjadi anggota Royal Canadian Air Force dan Royal Air Force.

Dialah Abdul Halim Perdana Kusuma, pria kelahiran Sampang, 18 November 1922 tersebut merupakan salah satu putera terbaik Indonesai yang memiliki keahlian dalam bidang Navigasi dan mengemudikan pesawat.

Berpangkat Wing Commander, Putera Haji Abdul Gani Wongsotaruno seorang Patih Sumenep, tersebut terlibat dalam 44 tugas penerbangan (flight mission) dengan menggunakan pesawat Lancaster atau Liberator. Sebagai navigator tempur selama Perang Dunia II di Eropa dan Asia.

Selepas tugas-tugasnya di Eropa, Halum kembali ke Indonesia, di masa transisi kemerdekaan ini keahlianya dalam navigasi dibuthukan negara dalam membangun kekuatan udara Indonesia yang masih seumur jagung.

Tugas yang diembanya tersebut di jalani dengan sangat baikm bahkan Halim yang juga diberi tugas menjadi instruktur navigasi memberikan pelatihan kepada para penerbang Indonesia dengan segala keterbatasan fasilitas dan pesawat.

halim perdana kusuma madura
Halim Perdanakusuma (tengah) sedang memberikan instruksi kepada dua orang penerjun yang akan melaksanakan latihan

Selain menjadi instruktur, Halim juga kerap diberi tugas penting termasuk menjadi Navigator dan ikut terlibat dalam pendirain pangkalan udara Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Sayangnya pria kurus tinggi ini harus meninggalkan ibu pertiwi setelah pesawat Avro Anson VH-BBY (RI-003) jatuh di Pantai Tanjung Hantu Perak-Malaysia. Dan Halim ditemukan meninggal dunia.

Sebagai penghargaan atas jasa dan pengabdiannya terhadap Angkatan Udara maka pimpinan TNI Angkatan Udara menaikan pangkatnya menjadi Laksamana Muda Udara (sekarang Marsekal Muda Udara) Anumerta. Dan pada tahun 1975 Halim Perdana Kusuma mendapat Gelar pahlawan nasional RI dengan SK Presiden No 063/TK/1975. (Deny)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.