Hambat Investasi, Jokowi Minta Menterinya Inventarisasi Regulasi

Avatar of PortalMadura.com
Hambat Investasi, Jokowi Minta Menterinya Inventarisasi Regulasi
dok. Presiden RI Joko Widodo (@jokowi)

PortalMadura.Com – Presiden Joko Widodo meminta menterinya segera menginventarisasi regulasi terkait yang menghambat gerak pemerintah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Presiden saat memimpin rapat terbatas bersama menteri terkait untuk membahas langkah-langkah dan antisipasi dalam menanggapi perkembangan ekonomi dunia.

“Saya minta seluruh kementerian yang berkaitan dengan ekonomi menginventarisasi regulasi-regulasi yang menghambat,” ujarnya, di Kantor Presiden, Jakarta pada Rabu (4/9/2019).

Menurutnya, langkah tercepat yang bisa dilakukan yakni meningkatkan investasi yang masuk dengan menghilangkan segala regulasi yang menghambat.

Sebab kata dia, pertumbuhan ekonomi global saat ini tengah melambat, bahkan berpotensi terjadi resesi.

Pemerintah harus menyiapkan langkah pencegahan mengurangi atau menghindari dampak dari melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

“Langkah-langkah antisipatif diharapkan sudah benar-benar secara konkret kita siapkan dan kita berharap perlambatan pertumbuhan ekonomi, kemudian dampak dari resesi yang semakin besar ini, bisa kita hindari,” kata Presiden.

Dalam rapat terbatas tersebut, Kepala Negara memaparkan pada dua bulan lalu terdapat 33 perusahaan mancanegara yang keluar dari Tiongkok.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 23 di antaranya memilih untuk berinvestasi di Vietnam, sedangkan 10 lainnya memilih Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

Dia menyebut tidak ada satu pun dari perusahaan-perusahaan tersebut yang memilih untuk berinvestasi di Indonesia karena membutuhkan proses yang lama.

“Kita bisa bertahun-tahun. Penyebabnya hanya itu, enggak ada yang lain. Oleh sebab itu, tadi saya suruh kumpulkan regulasi-regulasi ya itu, larinya nanti ke sana,” imbuh dia.(*)

Baca Juga :

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.