Hampir Seribu Nelayan di Pamekasan Akan Dapat Asuransi

Hanya Seribu Lebih Nelayan Sumenep Miliki Kartu Kusuka
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Terdapat sebanyak 951 nelayan kecil di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mendapat Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tahun 2019.

Kepala Seksi Pengendalian dan Perlindungan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Pamekasan, Budi Santoso mengungkapkan, daftar penerima bantuan asuransitersebut sudah ada, tinggal menunggu penerbitan kartu dari pihak ketiga.

“Diutamakan bagi nelayan yang belum pernah ikut asuransi, daftar nama-namanya sudah ada. Sekarang tinggal menunggu penerbitan kartu dari PT Jasindo sebagai pihak ketiga yang bekerjasama dengan kementerian,” terangnya, Senin (28/10/2019).

Budi Santoso menambahkan, penerima kartu BPAN itu berkewajiban untuk memperpanjang kartu tersebut setiap tahun sebagaimana kartu asuransipada umumnya selama program itu berjalan. Tetapi, jika program tersebut sudah tidak ada, maka nelayan dapat beralih kepada asuransimandiri.

Baca Juga:  5 Doa Malam Pertama yang Perlu Pasutri Amalkan

Baca Juga: DPRD Pamekasan ‘Biang Kerok’ Lambatnya Realisasi Program Pemerintah

“Mungkin kartu itu akan terbit akhir tahun 2019 ini, dan bisa digunakan pada awal tahun 2020 nanti. Kartu asuransiini penting bagi nelayan,” tandasnya.

Dia memungkasi, fungsi dari kartu asuransitersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut yang kemungkinan dialami nelayan untuk klaim seluruh biaya dari musibah tersebut, karena risiko untuk nelayan cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.