oleh

Harga Telur Ayam Ras di Sumenep Capai Rp25 Ribu per Kg

PortalMadura.Com, Sumenep – Harga telur ayam ras di Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mencapai Rp25 ribu per kilogramnya. Tingginya harga tersebut terjadi sejak pekan ketiga dibulan Desember 2015 atau menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Sesuai hasil pemantauan kami selama November hingga pertengahan Desember 2015, harga telur ayam ras berada pada kisaran Rp18 ribu hingga Rp19 ribu per kilogram dan saat ini mencapai Rp25 ribu per kilogram. Kenaikan harga telur ayam ras ini terjadi sejak menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ujar Heni Yulianto, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Selasa (5/01/2015).

Menurut Heni, kenaikan harga telor ayam ras itu diduga karena perayaan Maulid Nabi Muhamad, sebab banyak warga yang merayakannya dengan mengundang ratusan tetangganya dengan menyuguhkan aneka makanan, termauk telur.

“Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW membuat permintaan sejumlah komoditas, termasuk telur ayam ras,” terangnya.

Selain itu, katanya, produksi telur ayam ras saat ini menurun, karena ayam petelur tidak tahan dingin dan mudah stres pada musim hujan bahkan saat mendengar petir.

“Kemungkinan produksi telur juga menurun karena diawal musim hujan kan sering terjadi petir, lagi pula ayam petelur itu tidak tahan dingin,” pungkasnya. (arifin/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.