Harga Tinggi, Nelayan Sapeken Buru Teripang ke Perairan Luar Negeri

Avatar of PortalMadura.Com
Harga Tinggi, Nelayan Sapeken Buru Teripang ke Perairan Luar Negeri
Ist. Teripang

PortalMadura.Com, – Harga biota laut, bernama Teripang ( invertebrata Holothuroidea) yang cukup mahal dan hidup di pasir bawah laut, membuat  nelayan pulau memburunya hingga ke perairan luar Indonesia.

Para nelayan itu, rela meninggalkan sanak keluarganya hingga berminggu-minggu, hanya untuk memburu binatang langka tersebut.

Salah satunya, ke perairan Australia. Harga binatang laut itu, dibandrol  Rp500 ribu perkilogram.

Sedangkan jenis Teripang yang umum diperjual belikan di pulau Sapeken, adalah Teripang Gaplek, yang dijual ketika sudah kering dengan harga Rp90 ribu perkilogram.

Penghasilan penjualan biota laut itu, akan didapat para nelayan saat ada perayaan atau hari besar, seperti Imlek.

“Kalau hari-hari besar harga Teripang naik dua kali lipat. Bahkan, hingga tiga kali lipat harganya,” kata Muhammad Taher (37), warga  Desa/Kecamatan Sapeken, Rabu (29/4/2015).

Menurutnya, harga jual tripang pada hari-hari besar, dibandrol Rp1.000 per ekornya.

Sedangkan dalam perkilogramnya, berisi teripang 90 hingga 100 ekor, sehingga bila di total harganya mencapai Rp400 ribu – Rp500 ribu perkilogram.

Penjualan Teripang, meliputi kota Surabaya dan pulau Dewata Bali. Namun sebelum biota itu di pasarkan, pedagang akan melakukan pengasapan supaya binatang laut itu terlihat segar.

Mohammad Jakfar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumenep, meminta agar dalam pencarian Tripang tetap menggunakan cara-cara yang santun dan tidak merusak lingkungan.

“Tidak apa-apa nelayan memburu Teripang hingga ke perairan luar, tapi ingat caranya harus santun serta tidak merusak lingkungan,” tandasnya.(udin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.