oleh

Harga Turun Lagi, Stok LPG Kembali Aman

PAMEKASAN (PortalMadura) – Turunnya harga elpiji 12kg dari Rp117.700 menjadi Rp82.200 per tabung, mengakibatkan stok elpiji (LPG) untuk 3kg kembali aman dan melimpah.

Hal itu diketahui setelah Komisi B DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar sidak ke sejumlah agen dan pangkalan yang ada di Pamekasan, Selasa (7/1/2014).

Ketua Komisi B DPRD Pamekasan Hosnan Ahmadi mengatakan, adanya penyesuaian harga yang dilakukan pemerintah itu, diharapkan tidak mengakibatkan terjadinya migrasi yang begitu besar ke elpiji 3kg, sehingga kebutuhan tetap terpenuhi dengan adanya persediaan yang cukup dari pertamina.

“Sidak ini hanya memastikan saja bahwa setelah terjadi penurunan harga, stok aman dan warga tidak begitu besar yang beralih pada tabung elpiji 3kg,” katanya di salah satu pangkalang elpiji di Jl R. Abdul Aziz.

Sementara, menurut penuturan Puji Dwi Hariyanto, Agen Elpiji di Jl Jokotole, dengan naikknya elpiji 12kg sejak 1 Januari mengakibatkan permintaan elpiji ukuran 3kg melonjak drastis, karena masyarakat ramai-ramai beralih ke elpiji ukuran 3kg bersubsidi.

Namun Hariyanto menjelaskan, setelah harganya kembali turun untuk ukuran 12kg, permintaan masyarakat kembali normal dan persediaan juga sangat aman.

“Jadi, untuk sekarang stok kembali melimpah utamanya yang 3kg bersubsidi,” tegasanya.

Hariyanto juga menjelaskan, untuk harga baru elpiji ukuran 12kg saat ini dari agen ke pangkalan Rp90 ribu dan ketika dijual kembali ke masyarakat menjadi Rp95 ribu.

“Sehingga diharapkan harga ini tidak dipermainkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” haranya. (reiza/htn)

Komentar