Hari Menanam Pohon Indonesia, Seorang Diri Aksi Tanam Mangrove di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Hari Menanam Pohon Indonesia, Seorang Diri Aksi Tanam Mangrove di Sumenep
Fadel Abu Aufa, aksi tanam mangrove di Sumenep pada Hari Menanam Pohon Indonesia (ist for portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Seorang pria asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan aksi tanam pohon bibit di pesisir Dusun Panglema, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Sumenep.

Aksi itu dilakukan dalam rangka memperingati (HMPI) yang jatuh pada 28 November. “Ini dilakukan seorang diri sebagai bentuk kepedulian saya terhadap lingkungan pesisir,” kata Fadel Abu Aufa, pada portalmadura.com, Selasa (28/11/2023).

Fadel Abu Aufa yang dikenal sebagai pemuda aktivis peduli lingkungan pesisir menjelaskan, penanaman bibit mangrove menggunakan teknik pancang sebanyak 40 pohon. “Jenisnya mangrove rhizophora stylosa (bakau akar jangkungan, red),” terangnya.

Hari Menanam Pohon Indonesia, Seorang Diri Aksi Tanam Mangrove di Sumenep
Pesisir Dusun Panglema, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Sumenep. (ist for portalmadura.com)

Melansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Hari Menanam Pohon Indonesia itu diatur dalam Keputusan Presiden No. 24 tahun 2008. Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional pada 2008 diikuti dengan program Penanaman 1 Miliar Pohon pada 2010 oleh pemerintah Indonesia.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.