oleh

Hari Raya Idul Fitri Tahun Ini Diprediksi Jatuh Pada Hari Kamis

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memprediksi hari raya Idul Fitri 1442 H jatuh pada hari Kamis (13/5/2021).

Wakil Ketua Bagian Hisab dan Rukyah Kabupaten Pamekasan, H. Hosein menjelaskan, prediksi itu berdasarkan ilmu falakiyah serta ijtimak peredaran bulan. Sebab, bulan dipastikan jatuh pada hari rabu dini hari.

“Maka rukyatul hilal akan dilaksanakan pada hari rabu sore untuk memastikan hari raya Idul Fitri tahun 2021,” katanya, Rabu (5/5/2021).

Alumnus Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep tersebut mengatakan, pada hari Rabu, 12 Mei 2021 pelaksanaan ibadah puasa sudah genap 30 hari. Artinya, hari raya Idul Fitri dipastikan jatuh pada hari kamis, tidak mungkin mundur ke hari Jumat.

“Melihat bulan atau tidak pada rukyatul hilal itu, maka 1 syawal sudah pasti hari Kamis. Penentuan 1 syawal 1442 H tidak ada perbedaan antara ormas di Indonesia. Kecuali Brunei Darussalam yang akan melaksanakan hari raya Idul Fitri pada hari Jumat,” terangnya.

Berdasarkan pantauan Badan Hisab, pelaksanaan ibadah puasa tahun ini genap 30 hari. Dengan demikian, 1 syawal 1442 H tepat pada hari kamis (13/5/2021).

“Tetapi sampai sekarang belum ada instruksi dari Kementerian Agama untuk rukyatul hilal. Tetapi biasanya digelar pada tanggal 29 Ramadan,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar