Hari Santri, Dosen dan Mahasiswa IAIN Madura ‘Sarungan’

Avatar of PortalMadura.Com
Hari Santri, Dosen dan Mahasiswa IAIN Madura 'Sarungan'
Dosen dan Mahasiswa IAIN Madura 'Sarungan' (Senin, 22/10/2018) (Foto: Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Jajaran dosen, staf dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Jawa Timur, kompak memakai sarung dan songkok nasional pada momentum Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober 2018.

Pantauan PortalMadura.com, sebelum proses perkuliahan dimulai, dosen dan perwakilan mahasiswa terlebih dahulu menggelar upacara HSN di lapangan kampus yang terletak di Jalan Raya Panglegur KM 04, Pamekasan.

Rektor , Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag, meminta agar warga kampus dapat memahami konteks historis peringatan HSN, mengingat peranan santri dalam memerdekaan Indonesia sangat besar berjuang melawan penjajah.

“Seperti kita tahu, santri juga memiliki peranan penting dalam kemerdekaan republik ini. Sehingga kegiatan ini harus menjadi motivasi bagi generasi muda,” ungkapnya, Senin (22/10/2018).

Dikatakan, pihaknya mewajibkan kepada seluruh warga kampus untuk mengenakan sarung selama tiga hari ke depan yang tidak lain bertujuan untuk menghormati peringatan HSN dan perjuangan santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak sebelum kemerdekaan.

“Aturan bersarung ini kita terapkan untuk tiga hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga Rabu mendatang. Aturan ini juga berlaku untuk seluruh mahasiswa, termasuk para dosen, staf hingga jajaran pimpinan di keluarga besar IAIN Madura,” tandasnya.

Dia berharap dengan pakaian ala santri tersebut, semua warga kampus dapat mencontoh perilaku santri yang religius, sehingga berdampak pada kinerja baik di lembaga yang dipimpinnya sekarang.

“Saya kalau sarungan seperti ini ingat ketika mondok dulu, saya kira kebijakan ini bagus untuk menamkan dan mengingat kembali perjuangan santri. Dulu, pemuda gengsi dibilang santri, sekarang meskipun bukan santri ngaku santri. Santri sekarang keren,” tutup Ainurrahman salah satu mahasiswa di IAIN Madura. (Marzukiy/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.