Hasil Inovasi, Keris Aeng Tontong Sumenep Jadi Souvenir KTT G20

Avatar of PortalMadura.com
Hasil Inovasi, Keris Aeng Tontong Sumenep Jadi Souvenir KTT G20
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, dari Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi souvenir pada penyelenggaraan di Bali. Berlangsung sejak 14-15 November 2022.

Achmad Fauzi mengatakan, keris Aeng Tongtong menjadi souvenir bagi para pemimpin dunia di KTT G20 adalah hasil dari sebuah inovasi yang berbeda dengan daerah lain.

“Maka itu membuktikan bahwa sesuatu yang beda dan memiliki nilai seni akan memiliki nilai tawar yang tinggi. Karena hal ini bukan sesuatu yang biasa dan mampu meyakinkan dan dinilai pantas menjadi souvenir KTT G30 untuk pemimpin dunia,” kata Fauzi, Rabu (16/11/2022) malam.

Hal tersebut diungkapkan pada momentum “Malam Penganugerahan bagi Camat dan Lurah tahun 2022” saat mengingatkan agar Camat dan Lurah selalu berinovasi. Hadir pada kesempatan ini, Camat, Lurah, OPD dan Forkopimda.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dijadikannya keris Aeng Tongtong menjadi souvenir adalah memiliki motivasi sendiri bagi warga Desa Aeng Tontong agar terus melestarikan keris yang notabene merupakan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai dan filosofi yang tinggi.

Bahkan, kata dia, keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia oleh UNESCO di 2005. “Orang Jatim harus berbangga karena kerajinan asal Bumi Majapahit ini menjadi souvenir para delegasi negara-negara KTT G20. Semoga keris dari desa ini dapat merambah pasar ekspor dan semakin mendunia,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, dilansir sindonews.com, Rabu (16/11/2022).

Khofifah meyakini, usai perhelatan KTT G20, nama Desa Wisata Aeng Tongtong, Kabupaten Sumenep juga akan semakin terangkat. Apalagi, tahun 2014, desa itu juga dinobatkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu keris terbanyak di dunia.

Desa Aeng Tongtong juga berhasil menyabet dua gelar luar biasa. Pertama, Desa Aeng Tongtong memecahkan Rekor MURI sebagai Desa Dengan Empu Keris Terbanyak di dunia. Dan kedua, Desa Aeng Tong Tong juga dinobatkan sebagai Juara I ADWI 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.