Hasil Rapid Test, Petugas Haji dan Warga Sampang Negatif Covid-19

Avatar of PortalMadura.com
Rapid Test
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sampang – Lima petugas haji wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur yang ikut pembekalan di kota Surabaya dinyatakan negatif virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Fathurrahman memaparkan, sesuai dengan berita yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, petugas haji sudah diperiksa melalui rapid test Covid.

Di antara mereka, satu Pemandu Haji Indonesia (PHI), satu Pembimbing Ibadah Haji (PIH) dan Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) Kabupaten Sampang.

Semua petugas haji itu, mengikuti pembekalan yang dilaksanakan pada 9 sampai 18 Maret 2020 di daerah zona merah virus corona Kota Surabaya.

Baca Juga:  Anggota Dewan Desak Pemkab Sampang Segera Gelar Pilkades Serentak

“Mereka telah diperiksa melalui rapid test. Hasil pemeriksaan yang kami terima dari Dinkes Sampang, Alhamdulillah negatif dari virus corona,” ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Sekretaris Dinkes Sampang, Asrul Sani menyampaikan, ada sepuluh orang yang dilakukan rapid test covid untuk mengetahui gejala kesehatan pada dugaan terpapar atau sebaliknya.

“Hasil pemeriksaan melalui rapid test terhadap sepuluh orang termasuk petugas haji, semua negatif virus corona,” ungkapnya.

Diakui Asrul, mereka yang disebut masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak mengalami gejala yang mengarah pada dugaan wabah virus corona.

Menurutnya, tingkat sensitivitas rapid test dalam menguji sampel virus hanya mencapai 60 persen.

“Kami mencari yang lebih tinggi. Kemudian ada delapan orang yang diambil swab dan telah dikirim untuk dilakukan pemerikasaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

“Proses swab laboratorium menunggu selama empat hari ke depan. Hasilnya dikonfirmasi lagi ke pemerintah pusat,” pungkasnya pada PortalMadura.Com.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.