Hasil Survei, Elektabilitas Bupati Bangkalan Hanya 24 Persen

  • Bagikan
Hasil Survei, Elektabilitas Bupati Bangkalan Hanya 24 Persen
Survei Elektabilitas Bupati di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Jelang Pilkada serentak tahun 2018, elektabilitas Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad, hanya 24 persen.

Persentase tersebut diungkapkan Lembaga Survie dari Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS), yang merilis hasil survei yang telah dilakukan tanggal 1 Februari hingga 2 Maret 2017, di Kabupaten Bangkalan.

Bupati yang menyandang status termuda itu, kalah selesih dari dua tokoh lainnya, yakni, Imam Buchori dan Hasani Zubar yang sama-sama mencapai 26 persen.

“Survei ini menggunakan metodologi Stage Random Sampling. Jadi, tingkat kepercayaannya 95,26 persen dengan margin eror kurang lebih 4,74 persen,” terang Direktur LPKS, Habibullah, Senin (13/3/2017).

Melorotnya elektabilitas petahana tersebut, disebabkan ketidakpuasan masyarakat atas kinerja pemerintahan yang mencapai 48 persen, sehingga berpengaruh pada keterpilihannya di Pilkada mendatang.

“Di tahun 2016 ini, Kejaksaan dapat predikat terbaik, karena banyak pejabat yang tersangkut kasus dugaan korupsi, itu juga menjadi dampak,” lanjut dia.

Dijelaskan, ada tiga faktor utama yang menjadikan masyarakat tidak puas atas kinerja Kepemimpinan Bupati yang akrab dipanggil Ra Momon itu, yaitu kriminalitas yang mencapai 21 persen.

Selain itu, masalah korupsi mencapai 20 persen serta masalah infrastruktur yang mencapai 15 persen. Bahkan, dalam Survei tersebut, 42 persen masyarakat mengatakan infrastruktur di Bangkalan sangat buruk.

“Yang merasakan itu masyarakat selain di kota, karena masyarakat di Madura itu, masyarakat desa,” lanjut dia.

Dosen Komunikasi Politik, Universitas Negeri Surabaya, Awang Dharmawan, yang menjadi pembanding dalam rilis survie itu mengatakan, turunnya elektabilitas Ra Momon dalam Pilkada mendatang, tidak lepas dari sosok orang tuanya, Fuad Amin setelah ditangkap KPK, dari situlah kasus korupsi banyak menjerat pejabat di Bangkalan.

“Ada asosiasi kesana, sehingga ada antitesa untuk peminpin baru di Bangkalan,” pungkasnya.

Dalam rilis tersebut juga muncul beberapa tokoh yang diperkiran berpotensi maju di Pilkada serentak tahun depan.

Berikut persentasi keterpilihan terhadap beberapa tokoh:

1. Makmun Ibnu Fuad 24 persen
2. Imam Buchori 26 persen
3. Ir. Mondir Rofii 19 persen
4. Nizar Zahro, SH 18 persen
5. Hasani Zubair 26 persen
6. HM. Farid Alfauzi 16 persen
7. Nasih Aschal 11 persen
8. H. Fatkhurrahman 8 persen
9. Aliman Haris 3 persen
10. Latif Imron 14 persen.

(Hamid/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.