oleh

Hasil Swab PCR Keluar, PDP yang Meninggal di Bangkalan Positif Covid-19

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pasien berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) asal Kecamatan Kota Bangkalan, Madura yang telah meninggal dunia, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Sugianto Zein dalam keterangan resminya, Rabu (6/5/2020).

Pasien PDP berinisial M (58) asal Kecamatan Bangkalan itu telah meninggal dunia pada 1 Mei 2020.

“Hasil swab PCR (Polymerase Chain Reaction) Lab BBTKL-PP Surabaya tadi keluar, M ternyata dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Agus menjelaskan, pada 15-18 April 2020 almarhum pasien M mengalami gangguan kesehatan. “Tidak bisa BAB (buang air besar),” tuturnya.

Selanjutnya, 18 April 2020, almarhum pasien M mengalami diare dan berobat ke salah seorang perawat. Dan pada 21 April 2020, M periksa ke dokter dengan hasil pemeriksaan GDA 250 dan tensi darah 140/90 mmhg.

“Tanggal 22 April, almarhum M rawat inap di RS Lukas dan dilakukan foto thorax di RSUD Syamrabu Bangkalan,” terang Agus.

Kemudian, pada 23 April 2020 almarhum pasien M dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan dan ditetapkan sebagai pasien berstatus PDP. “Lalu 24 April diambil spesimen untuk swab PCR,” kata Agus.

Dan pada 1 Mei 2020, pasien M meninggal dunia, sementara hasil swab PCR belum keluar. “Hasil PCR keluar hari ini (Rabu, 6/5/2020) dan ternyata positif Covid-19,” tandas Agus.

Agus mengatakan, saat itu sembari menunggu hasil swab PCR almarhum pasien M, tim surveilans melakukan tracing dan rapid test kepada enam orang anggota keluarga M.

“Hasilnya 4 positif Covid-19 berdasarkan rapid test, mereka sudah di swab PCR, tapi kita masih menunggu hasilnya,” pungkasnya.

Selain peningkatan status dari almarhum pasien M dari PDP menjadi positif, juga terdapat tambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19, juga asal Kecamatan Bangkalan.

Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan secara kumulatif berjumlah 15 orang.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar