oleh

Hasilkan Telur Kualitas Super, Kandang Ayam Ini Jadi Percontohan se-Madura

PortalMadura.Com, Bangkalan – Kandang kayu berkaki dan bertutup jaring terlihat di salah satu sudut Kampung Langgulang. Riuhnya suara ayam yang bersautan terdengar dari dalam kandang.

Tampak seorang pria memasuki kandang. Tak lama kemudian kepala ratusan ayam menyembul dari kurung dan langsung menyantap pakan. Terlihat pula ratusan telur yang tinggal menunggu waktu untuk dikumpulkan.

Dengan modal sendiri yang tak sedikit, Mohamad Taufik (35) memberanikan diri merintis usaha beternak ayam petelur. Bukan tanpa alasan ia memilih jenis usaha ini.

Cerita dan pengalaman yang ia dengar dari teman yang lebih dulu menjalankan usaha serupa membuatnya tertarik. Terlebih setelah ia melihat sendiri ribuan telur memenuhi kandang milik teman setiap harinya.

“Bisa dibayangkan, ribuan telur dihasilkan tiap hari. Saya yakin usaha ini menjanjikan atau bernilai ekonomis tinggi. Terlebih permintaan telur tak pernah berhenti. Faktor inilah yang membulatkan keyakinan saya beternak ayam petelur,” terang Taufik.

Sebidang tanah disamping rumah dimanfaatkan Taufik untuk mendirikan kandang. Ukuran kandang 19×4,5 meter, ditopang tak kurang sepuluh kaki kandang yang tingginya 1,6 meter di atas permukaan tanah. Kandang tersebut dikelilingi jaring. Di sekeliling kandang terdapat pagar pembatas yang terbuat dari kayu dan jaring.

Fungsi jaring penutup kandang sebagai pelindung dari kotoran serta hewan lain yang bisa masuk ke kandang. Selain dapat membawa virus, kehadiran hewan lain bisa mengusik ketenangan ayam. Situasi dan kondisi di sekeliling kandang turut menjadi faktor yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan produktifitas ayam petelur.

“Seperti halnya manusia, ayam juga butuh ketenangan agar selalu dalam kondisi sehat dan produktif. Dan yang terpenting mampu menghasilkan telur yang berkualitas,” cetus Taufik kepada PortalMadura.Com beberapa waktu lalu.

Sebanyak 504 kurung yang … Selengkapnya

Halaman: 1 2 3

Penulis : Agus Hidayat
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar