Hati-hati, Bintik Kecil di Lidah Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Bintik Kecil di Lidah Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Lidah merupakan indra pengecap yang bisa menunjang sistem pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Sejauh ini, pernahkah Anda melihat ?.

Jika iya, pakar menyebut bintik kecil yang disebut papila ini bisa menunjukkan kondisi Anda. Benarkah?. Simak ulasannya di bawah ini:

Menurut ENT & Allergy Associates, Jason Abramowitz, MD, di New York City mengatakan, benjolan itu sendiri tidak berbahaya, tetapi bisa jadi karena masalah kesehatan lain.

Meskipun penyebabnya tidak sepenuhnya jelas, Dr. Abramowitz mengatakan, hal ini harus diperhatikan. Karena, dapat terjadi karena infeksi virus, refluks asam, stres, makanan tinggi keasaman, alergi makanan, atau trauma pada lidah, tambahnya.

Mengobati benjolan ini berarti menemukan akar masalahnya. Asisten klinis profesor otolaringologi dan operasi kepala dan leher di Keck School of Medicine USC, Amit Kochhar, MD, merekomendasikan untuk menghindari makanan pedas.

Selain itu, berkumur dengan air garam, menyikat gigi setiap selesai makan dan menggunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri mulut juga bisa menjadi alternatif lain.

“Kebanyakan kasus benjolan lidah harus berlangsung dua hingga tiga hari,” kata Dr. Kochhar.

Benjolan ini juga terkait dengan sindrom Sjogren, yakni gangguan autoimun yang juga menyebabkan mata kering, mulut kering, serta sindrom Down, dan peradangan lidah.

Baca Juga : Pantau Pamekasan, Wakapolda Jatim : Di Madura Secara Umum Terkendali

Mereka dengan bercak putih atau bintik seperti plak juga mungkin berurusan dengan leukoplakia. Ini sering terjadi pada mereka yang suka merokok atau mengunyah tembakau.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda selalu menjaga kebersihan lidah dengan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.