oleh

Hati-hati, Hal Ini Akan Terjadi Bila Minyak Rem Kendaraan Tak Pernah Diganti

PortalMadura.Com – Pada suatu kendaraan, rem merupakan salah satu komponen yang memegang peran sangat penting. Sebab, fitur tersebut berfungsi untuk memperlambat laju mobil atau motor. Selain itu, rem juga berperan penting untuk menghindari kecelakaan

Cara kerjanya cukup sederhana, yakni kampas akan ditempel pada piringan yang ikut berputar bersama roda. Semakin erat kampas menempel, maka laju kendaraan akan semakin menurun.

Pada zaman dulu, mengaktifkan kampas rem dilakukan dengan cara mekanis, yakni menggunakan tuas. Rem model ini biasa disebut dengan istilah tromol.

Berbeda dengan rem cakram yang banyak digunakan pada kendaraan masa kini yakni menggunakan cairan khusus untuk menekan kompas. Cairan itu dikenal dengan nama minyak rem.

Baca Juga : 8 Hal Ini Penting Diperhatikan pada Rem Motor

Sama seperti pelumas mesin, minyak rem juga memiliki masa pakai. Bedanya, oli mesin wajib diganti tiap beberapa bulan. Sedangkan, minyak rem harus dikuras dan diisi dengan yang baru dalam jangka waktu dua tahun.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya, rem menjadi kurang pakem dan muncul gelembung putih pada wadah minyak rem.

Busa bisa muncul, karena minyak rem memiliki sifat menyerap uap air. Akibatnya, titik didihnya akan berkurang. Saat rem digunakan secara maksimal, panas yang dihasilkan dari gesekan kampas akan diserap oleh minyak.

Karena titik didihnya berkurang, maka minyak rem bisa panas dan menimbulkan gelembung putih. Jika itu terjadi, maka akan mengganggu kinerjanya.

Itulah yang akan terjadi bila minyak rem tidak pernah diganti. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : viva.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar