Hati-hati! Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Patut Dicurigai Kaum Adam

  • Bagikan
Kanker payudara pada pria
ilustrasi

PortalMadura.Com – Faktanya, kanker payudara tidak hanya terjadi pada wanita saja, namun penyakit mematikan ini juga bisa menyerang kaum adam. Sebab, ketika berbicara tentang payudara, pria pun memilikinya. Seorang pria juga punya jaringan payudara seperti wanita.

Kanker payudara pada pria dan wanita memang berbeda. Pria memiliki jaringan payudara yang lebih rendah daripada wanita dan karenanya, kejadian dan gejalanya pun berbeda. Nah, meski laki-laki memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah terkena kanker payudara tapi tetap patut diwaspadai.

Berikut empat gejala kanker payudara yang patut dicurigai oleh pria:

Benjolan
Benjolan merupakan tanda pertama dan utama kanker payudara, baik pada pria ataupun wanita. Nah, pria sering cenderung mengabaikannya dibandingkan wanita. Biasanya muncul tanpa rasa sakit, tetapi terkadang benjolan ini terasa lembut disentuh. Jika kanker sudah menyebar, peradangan bisa sampai ke ketiak.

Puting Susu
Posisi puting yang terbalik menandakan adanya pertumbuhan tumor ganas atau kanker payudara. Saat tumbuh, sel-sel kanker dapat menarik ligamen di dalam payudara. Efeknya, bisa membuat puting menjadi penyok, kering dan juga bersisik.

Keluar Cairan
Jika Anda melihat ada noda di baju sekitar dada, itu bisa menandakan adanya cairan yang keluar dari puting payudara. Cairan tersebut merupakan cairan tumor yang menumpuk dalam jaringan payudara, sehingga keluar melalui saluran puting.

Luka Terbuka
Puting yang memiliki luka terbuka adalah situasi yang ekstrim, yang menandakan adanya pertumbuhan tumor melalui kulit. Karena jaringan payudara pada pria tidak sebanyak pada wanita, maka gejala luka akan terlihat seperti jerawat yang sudah dipencet, berdarah serta bernanah. (detik.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.